Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN METANOL PADA BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 SILINDER 2000cc

Virgiawan, Robby (2013) STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN METANOL PADA BAHAN BAKAR PREMIUM TERHADAP PERFORMA MOTOR BENSIN 4 SILINDER 2000cc. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Studi eksperimental pengaruh penambahan metanol pada bahasn bakar premium terhadap performa motor bensin 4 Silinder 2000cc.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan Semakin menipisnya cadangan minyak bumi dan semakin tingginya kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia ini, maka perlu dipertimbangkan bahan bakar alternative yang dapat menggantikan bahan bakar minyak yang murah dan ramah lingkungan.Methanol sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang layak dipertimbangkan karena dapat diproduksi oleh industri dan relatif murah.Keuntungan penggunaan Methanol antara lain : emisi gas buang yang rendah,performa yang baik, dan tidak mudah terbakar. Meskipun demikian, methanol belum bisa diaplikasikan langsung pada mesin kendaraan bermotor standar.Untuk itu, penelitian dan pengujian mesin ini menggunakan bahan bakar premium dan campuran premium-metanol berbagai komposisi, yaitu M5, M10 dan M15.kemudian dilakukan pengujian peforma mesin pada motor bensin 4 silinder 2000cc.Pengujian dilakukan dengan variasi putaran mesin 1500,3000 dan 4500 rpm dan pembebanan lampu dengan sebesar 200,400,600, dan 800 Watt.Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan daya alternator mengalami kenaikan sekitar 2.63% dengan pembebanan 800 Watt,torsi meningkat sekitar 3.94% dengan pembebanan 800watt,untuk SFC mengalami penurunan sekitar 49-53% saat menggunakan M15 Pada η thermal terjadi kenaikan antara 66-68%.Penurunan SFC saat menggunakan M15 menunjukan bahwa pengaruh Metanol membuat SFC lebih irit di bandingkan dengan premium. Kata kunci : Studi komparasi, Performa Mesin, Metanol

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, Ipick197705012003121001
Thesis advisorSudrajad, AgungUNSPECIFIED
Additional Information: ABSTRAK Dengan Semakin menipisnya cadangan minyak bumi dan semakin tingginya kepemilikan kendaraan bermotor di Indonesia ini, maka perlu dipertimbangkan bahan bakar alternative yang dapat menggantikan bahan bakar minyak yang murah dan ramah lingkungan.Methanol sebagai salah satu bahan bakar alternatif yang layak dipertimbangkan karena dapat diproduksi oleh industri dan relatif murah.Keuntungan penggunaan Methanol antara lain : emisi gas buang yang rendah,performa yang baik, dan tidak mudah terbakar. Meskipun demikian, methanol belum bisa diaplikasikan langsung pada mesin kendaraan bermotor standar.Untuk itu, penelitian dan pengujian mesin ini menggunakan bahan bakar premium dan campuran premium-metanol berbagai komposisi, yaitu M5, M10 dan M15.kemudian dilakukan pengujian peforma mesin pada motor bensin 4 silinder 2000cc.Pengujian dilakukan dengan variasi putaran mesin 1500,3000 dan 4500 rpm dan pembebanan lampu dengan sebesar 200,400,600, dan 800 Watt.Dari hasil pengujian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan daya alternator mengalami kenaikan sekitar 2.63% dengan pembebanan 800 Watt,torsi meningkat sekitar 3.94% dengan pembebanan 800watt,untuk SFC mengalami penurunan sekitar 49-53% saat menggunakan M15 Pada η thermal terjadi kenaikan antara 66-68%.Penurunan SFC saat menggunakan M15 menunjukan bahwa pengaruh Metanol membuat SFC lebih irit di bandingkan dengan premium. Kata kunci : Studi komparasi, Performa Mesin, Metanol
Uncontrolled Keywords: Studi komparasi, Performa Mesin, Metanol
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Nov 2021 15:23
Last Modified: 10 Nov 2021 15:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item