Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KACANG TANAH SANGRAI DI KECAMATAN WALANTAKA

PITRIANI, UPIT (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KACANG TANAH SANGRAI DI KECAMATAN WALANTAKA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KACANG TANAH SANGRAI DI KECAMATAN WALANTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT Upit Pitriani. 2013. The Strategy Development of Trade Roasted Nut in Sub District Walantaka. Guided by Meutia and Ari Sudjatmikowati. The purpose of this research is identified and analyzed the internal and external factor of trade roasted nuts that became surplus and infirmity, opportunity and menace for industrialist roasted nuts Haji Sambas in sub district walantaka serang city Banten province also recommend alternative strategy that can be used by industrialist roasted nuts. This study used quantitative and qualitative methods, while determining the location specified by the share of consideration. It was because Walantaka District is one of the production centers peanut roaster. The data and information in this study were collected through interviews and filling the questionnaire. Roasted peanuts respondent was taken by H. Sambas which is the greatest effort. The result analysis showed the internal factor (IFE) the total score is 2.39 meanwhile the external factor (EFE) the total score is 2.55. In matrix I-E on V cell position. It showed that the condition is in the position preserve and maintain. Based on the result of analysis that is the chart position of the power company, it SME was in the first kuadran. It menas that, SME is safe position.The alternative strategy priority of the result swot analysis is market penetration. Which is take advantage from the government program in the empowerment of SMEs and create new products that are related with the raw, peanuts. Key words: Agro industry, strategy development, analysis SWOT

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMeutia, Meutia197208282003122001
Thesis advisorSudiatmikowati, Ari19650101200112001
Additional Information: RINGKASAN Upit Pitriani. 2013. Strategi Pengembangan Usaha Kacang Tanah Sangrai di Kecamatan Walantaka. Dibimbing Oleh Meutia dan Ari Sudjatmikowati. Perkembangan perekonomian Provinsi Banten dapat diukur dari peningkatan pendapatan masyarakat Provinsi Banten. Peningkatan tersebut dapat menyebabkan pergeseran pola konsumsi masyarakat, yaitu lebih mengutamakan pengeluarannya untuk makan dan camilan, khususnya makanan dan camilan yang sehat. Hal ini menjadi sebuah peluang untuk usaha pengolahan makanan dan camilan sehat, salah satu camilan sehat yaitu kacang tanah sangrai, bertempat di Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi dan menganalisis faktor internal dan eksternal usaha kacang tanah sangrai yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi usaha kacang tanah sangrai Haji Sambas yang ada di Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten dan merekomendasi alternatif strategi yang dapat digunakan oleh usaha kacang tanah sangrai Haji Sambas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, sedangkan penentuan lokasi ditetapkan dengan berbagi pertimbangan, salah satunya karena Kecamatan Walantaka merupakan salah satu sentra produksi kacang tanah sangrai. Data dan informasi dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara dan pengisian kuisioner. Pengambilan responden kacang tanah sangrai Haji Sambas yang merupakan usaha paling besar. Hasil analisis menunjukan faktor internal usaha (EFI) mempunyai total skor sebesar 2.39 sedangkan faktor eksternal usaha (EFE) memiliki total skor sebesar 2.55. Pada matriks I-E berada pada sel V yang artinya menunjukan keadaan usaha berada pada posisi jaga dan pertahankan, dan berdasarkan hasil analisis peta posisi kekuatan perusahaan, UKM ini berada pada kwadran I artinya UKM ini berada pada posisi yang sehat. Alternatif strategi prioritas dari hasil analisis SWOT yaitu penetrasi pasar, memanfaatkan program pemerintah dalam pemberdayaan UKM dan membuat produk baru yang masih berkaitan dengan bahan baku kacang tanah.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Nov 2021 15:19
Last Modified: 10 Nov 2021 15:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5157

Actions (login required)

View Item View Item