Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI TEPUNG MOCAF (Suatu Kasus di Kelompok Wanita Tani Rahayu Mandiri Desa Pancaregang Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang)

HANI HARDIANTI, SITI (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA AGROINDUSTRI TEPUNG MOCAF (Suatu Kasus di Kelompok Wanita Tani Rahayu Mandiri Desa Pancaregang Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Strategi pengembangan usaha agroindustri tepung mocaf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT SITI HANI HARDIANTI. Business Development Strategies Of Agroindustry Mocaf Flour. (case study in the Pancaregang village, Tunjung Teja District, Serang Regency, Banten). Under direction of SUHERNA and ANDJAR ASTUTI. Agroindustry mocaf flour has the important role in food sector which need the developed because it is a new innovation that is expected to replace the role of imported wheat flour. So the research of this development strategy needs to be done to build tenacity of national food with improvement food diversification and improvement of the local resources. This study aims to analyze the cost, revenue, income and the efficiency of agroindustry mocaf flour, to identify internal and external factors, and to formulate alternative strategy of agroindustry mocaf flour. The analysis was done by analysis of (1) the analysis of the business (2) IE Matrix to identified the internal and external factors (3) SWOT Matrix to formulated alternative strategy. The result showed that total production 250kg mocaf flour with price Rp 7500,00 so that once month production the total cost is Rp 1.292.666,67 with an revenue Rp 1.875.000,00 and the income of Rp 582.333,33. The efficiency value or R/C ratio that is 1,45 it the means is reasonable. The results of matrix internal factors evaluation (IFE) KWT Rahayu Mandiri showed that the internal factors of 2,755 was above (2,5) and value of matrix external factors evaluation (EFE) of 2,735 was above (2,5). Based on the score of the matrix IE the position of mocaf flour in the quadrant V was grew stage horizontal integration by way of market penetration and product development. In this quadrant can be described as Hold and Maintain. Alternative strategies in agroindustry can take to help of the SWOT matrix. The alternative strategy that can be applied to maintain the quality of product and introduce of product by means of socialization the benefit of mocaf flour, build promotion and information of mocaf flour, take the advantage of the government policy and government policy to subsidize the price of mocaf flour. To could be looked at that effective alternative strategies in Appendix 8. Keywords: Mocaf Flour, Strategy, Agroindustry, SWOT

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherna, Suherna196908192002121001
Thesis advisorAstuti, Andjar196005311986112001
Additional Information: RINGKASAN SITI HANI HARDIANTI. Strategi Pengembangan Usaha Agroindustri Tepung Mocaf di Desa Pancaregang Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang. Dibawah Bimbingan SUHERNA dan ANDJAR ASTUTI. Agroindustri tepung mocaf mempunyai peranan di sektor pangan yang perlu dikembangkan karena memiliki potensi sebagai subtitusi penggunaan tepung terigu secara bertahap, sehingga penelitian strategi pengembangan ini perlu dilakukan agar didapat strategi yang tepat untuk membangun ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi sumber daya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya biaya, penerimaan, pendapatan dan efisiensi usaha agroindustri tepung mocaf, mengidentifikasi faktor internal dan eksternal, menyusun alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam pengembangkan usaha agroindustri tepung mocaf. Lokasi penelitian ini dilakukan di KWT Rahayu Mandiri yang terletak di Desa Pancaregang Kecamatan Tunjung Teja Kabupaten Serang, Banten. Penelitian menggunakan metode survey dengan penentuan lokasi secara sengaja (purposive). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data adalah (1) analisis usaha (2) analisis lingkungan IE untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal (3) matrik SWOT untuk merumuskan alternatif strategi Hasil penelitian diketahui bahwa dengan jumlah produksi 250 kg tepung mocaf dan harga per kilo tepung mocaf Rp 7500,00 maka biaya total dalam satu bulan produksi tepung mocaf adalah Rp 1.292.666,67 dengan penerimaan Rp 1.875.000,00 dan pendapatan Rp 582.333,33 serta nilai efisiensi atau R/C rasio yaitu sebesar 1,45 artinya usaha sudah layak dijalankan. Hasil nilai matriks IFE KWT Rahayu Mandiri sebesar 2,755 dan total matriks EFE sebesar 2,735. Berdasarkan nilai skor pada kedua matriks IFE dan EFE maka posisi usaha tepung mocaf KWT Rahayu Mandiri berada pada kuadran V. Pada kuadran V ini usaha tepung mocaf dapat digambarkan yaitu sebagai Pertahankan (Hold) dan Pelihara (Mantain). Strategi yang cocok adalah seperti penetrasi pasar, dan penetrasi produk. Alternatif strategi yang dapat diterapkan antara lain mempertahankan kualitas produk dan pengembangan pasar, peningkatan produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar, pemerintah mendorong kemitraan antara para pengusaha, adanya pelatihan kemanajerialan usaha, membangun sarana promosi dan informasi tepung mocaf, meningkatkan volume penjualan, membangun kemitraan yang kuat dengan pemasok bahan baku, memperkenalkan produk dengan cara sosialisasi manfaat tepung mocaf, perlu ada penguatan modal pemasaran serta adanya kebijakan dari pemerintah akan subsidi harga tepung mocaf.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Nov 2021 15:15
Last Modified: 10 Nov 2021 15:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5152

Actions (login required)

View Item View Item