Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGENALAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG.

Aqila, Nadia Amjadin Nissa (2025) PENGENALAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ 01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (970kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Nadia Amjadin N.A_ 2221210084_ CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)

Abstract

This study aims to describe: (1) the learning methods used to introduce sexual education to children aged 3–4 years at the Playgroup (KB) of Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) in Serang City; (2) the learning media used in the process; and (3) the outcomes of introducing sexual education to children in this setting. This research employs a descriptive qualitative approach to provide an in-depth and contextual understanding of the phenomenon. Data were collected through observation, in-depth interviews, and documentation to obtain comprehensive insights into the learning process in the field. The results indicate that the learning methods and media used are active and enjoyable, enhancing children's understanding of sexual education. The children showed positive development in cognitive, affective, and psychomotor aspects holistically and in accordance with their developmental stages.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSHOLIH, SHOLIH196006141987021002
Thesis advisorDARMAWAN, DADAN201702012114
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Metode pembalajaran yang digunakan dalam mengenalkan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. (2) Media pembalajaran yang digunakan dalam mengenalkan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. (3) Hasil dari proses pengenalan pendidikan seksual pada anak usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain (KB) Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menggambarkan fenomena secara mendalam dan kontekstual. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang menyeluruh mengenai proses pembelajaran di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode dan media pembelajaran yang digunakan bersifat aktif dan menyenangkan, meningkatkan pemahaman anak tentang pendidikan seksual. Anak menunjukkan perkembangan positif dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik secara holistik dan sesuai tahap perkembangan.
Uncontrolled Keywords: Sexual Education, Early Childhood, Learning Methods, Learning Media, Learning Outco Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini, Metode Pembelajaran, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Nadia Amjadin Nissa Aqila
Date Deposited: 15 Jul 2025 03:22
Last Modified: 15 Jul 2025 03:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50971

Actions (login required)

View Item View Item