Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH PADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP PERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI

WARDOYO, BENTA TANAMAL (2021) PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH PADA PORT INLET DAN EXHAUST TERHADAP PERFORMA MESIN DOHC 4 VALVE 147,33CC FI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK Bahasa Inggris & Indonesia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text (Fulltext)
Laporan Skripsi - Benta Tanamal Wardoyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Motor bakar otto 4 langkah adalah jenis mesin pembakaran dalam yang melakukan proses perubahan energy panas hasil pembakaran menjadi energi kerak putar yang dapat dipergunakan dalam berbagai keperluan. Dalam rangka meningkatkan performa ada banyak factor yang mempengaruhi, salahsatunya ialah aliran udara yang pada port cylinder head. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengaruh porting and polish terhadap engine air flow, daya, torsi, SFC, BMEP, serta efisiensi termal pada mesin DOHC 4 valve 150cc di putaran mesin 8000, 9000, 10000 rpm menggunakan metode eksperimen. Hasilnya Torsi tertinggi dihasilkan pada variasi meggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity stack pada 8000 rpm 13,4Nm, pada putaran 9000 rpm 14,18Nm dan pada 10000rpm 13,59Nm. Semakin tinggi kapasitas debit saluran semakin tinggi pula daya efektif mesin. Perolehan daya tertinggi dihasilkan pada variasi meggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity stack pada 8000 rpm 15,53 hp, pada putaran 9000rpm 17,90 hp dan pada 10000rpm 19,07 hp. SFC terhemat dihasilkan pada pengujian menggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity stack pada 8000 rpm 0,245kg/kWh, pada 9000 rpm 0,279kg/kWh, dan pada 10000 rpm 0,353kg/kWh. BMEP tertinggi dihasilkan dari pengujian menggunakan port berkapasitas 94,3CFM dengan penambahan velocity stack, pada 8000 rpm yaitu 1179kPa, pada 9000 rpm yaitu 1208kPa, dan pada 10000 rpm lebih yaitu 1158kPa. Efisiensi termal efektif tertinggi diperoleh dari pengujian menggunakan port berkapasitas 94,3CFM menggunakan velocity stack yaitu 32,7% pada 8000rpm, 28,7% pada 9000rpm, dan 22,7% pada 10000rpm.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorCaturwati, Ni ketut196706022001122001
UNSPECIFIEDYusuf, Yusvardi197910302003121001
Uncontrolled Keywords: Motor bakar, Mesin DOHC 4 katup, Porting Polish, Performa
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:32
Last Modified: 08 Jul 2025 08:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50919

Actions (login required)

View Item View Item