QHOTAMI, SHITA AMALIA (2022) STRATEGI PEMASARAN BATIK CILEGON SEBAGAI PRODUK UNGGULAN PROVINSI BANTEN DENGAN METODE BLUE OCEAN STRATEGY. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Abstrak)
Strategi Pemasaran Batik Cilegon Sebagai Produk Unggulan Provinsi Banten dengan Metode Blue Ocean Strategy_Cover s.d. Abstract.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Fulltext)
Strategi Pemasaran Batik Cilegon Sebagai Produk Unggulan Provinsi Banten dengan Metode Blue Ocean Strategy.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Keberadaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tentu saja dapat membantu mengurangi beban tanggungjawab pemerintah sebagai upaya penyedia lapangan kerja. Ketika berada pada posisi terpuruk akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), UMKM perlu berhati-hati mengambil keputusan untuk melangkah maju. Dengan adanya strategi pemasaran yang tepat, maka mampu meningkatkan daya saing pada produk yang dihasilkan UMKM. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada UMKM Batik Arum Lestari, mengetahui Strength, Weakness, Opportunity and Threat (SWOT) dari UMKM Batik Arum Lestari berupa Internal Strategic factors Analysis Summary (IFAS) dan External Strategic factors Analysis Summary (EFAS), mengusulkan penerapan Blue Ocean Strategy dengan memilih alternatif terbaik di UMKM Batik Arum Lestari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan dengan observasi lapangan, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada responden. Adapun metode yang digunakan adalah Blue Ocean Strategy, menggunakan alat analisis SWOT, dilanjutkan dengan kanvas strategi dan kerangka kerja empat langkah. Setelah itu, dilanjutkan dengan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) untuk menetapkan strategi yang dipilih. Dapat dikatakan pada Blue Ocean Strategy ini hampir tidak ada persaingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran pada UMKM Batik Arum Lestari ini berupa dimensi marketing mix 7p yaitu product, price, place, promotion, people, process dan physical evidence, terdiri dari 28 variabel penelitian yang diperoleh. Analisis SWOT dari UMKM Batik Arum Lestari ini berupa IFAS dan EFAS, terdiri dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Sedangkan terkait usulan penerapan Blue Ocean Strategy di UMKM Batik Arum Lestari, hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi Total Attractive Score (TAS) adalah alternatif Ruang Imajinasi. Responden memiliki ketertarikan terhadap alternatif tersebut dikarenakan alternatif ini menjadi inovasi terbarukan bagi UMKM Batik, serta dapat diterapkan oleh UMKM Batik Arum Lestari.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Batik, Blue Ocean Strategy, Marketing Mix 7p, UMKM, QSPM | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:29 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:29 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |