Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUJASERA BOSS FOODCOURT

ADJI, TAKESHI TIRTA (2021) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUJASERA BOSS FOODCOURT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Abstrak)
TAKESHI TIRTA ADJI_3333170004_ABSTRAK INGGRIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
TAKESHI TIRTA ADJI_3333170004_FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pujasera Boss Foodcourt mengalami penurunan pengunjung sampai dengan kurang lebih 40% perbulannya sehingga menyebabkan omset menurun sebesar kurang lebih 40% perbulannya. Pengukuran kepuasan pelanggan secara menyeluruh dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelebihan atau kelemahan pada suatu produk atau jasa. Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan pelanggan atau konsumen setelah mendapatkan produk atau pelayanan dari suatu perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance – Performance Analysis (IPA). Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 21 atribut yang meliputi 7 atribut dimensi Tangible, 2 atribut dimensi Reliability, 3 atribut dimensi Responsiveness, 6 atribut dimensi Assurance, 3 atribut dimensi Emphaty. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) yang didapatkan sebesar 79% yang termasuk kedalam kategori memuaskan. Pada metode Importance – Performance Analysis (IPA) didapatkan atribut T1, T3, T5, T7, A3, A5, E1, dan E3 termasuk dikuadran A “Prioritas Utama”. Atribut RL2, A1, A4, dan A6 termasuk dikuadran B “Pertahankan Prestasi”. Atribut T2, T4, T6, RL1, RP1, RP2, RP3, A2, dan E2 termasuk kedalam kuadran D “Berlebihan”. Usulan perbaikan yaitu dapat dilakukannya perbaikan pada atribut yang masuk kedalam kuadran A, mempertahankan kinerja atribut yang termasuk kedalam kuadran B, serta mengurangi kinerja atribut yang dianggap kedalam kuadran D.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorGunawan, AkbarUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDFerdinant, Putro FerroUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance – Performance Analysis (IPA)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 08 Jul 2025 08:19
Last Modified: 08 Jul 2025 08:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50850

Actions (login required)

View Item View Item