ADJI, TAKESHI TIRTA (2021) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PADA PUJASERA BOSS FOODCOURT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Abstrak)
TAKESHI TIRTA ADJI_3333170004_ABSTRAK INGGRIS.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Fulltext)
TAKESHI TIRTA ADJI_3333170004_FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Pujasera Boss Foodcourt mengalami penurunan pengunjung sampai dengan kurang lebih 40% perbulannya sehingga menyebabkan omset menurun sebesar kurang lebih 40% perbulannya. Pengukuran kepuasan pelanggan secara menyeluruh dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelebihan atau kelemahan pada suatu produk atau jasa. Kepuasan pelanggan merupakan tingkat perasaan pelanggan atau konsumen setelah mendapatkan produk atau pelayanan dari suatu perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance – Performance Analysis (IPA). Atribut yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebanyak 21 atribut yang meliputi 7 atribut dimensi Tangible, 2 atribut dimensi Reliability, 3 atribut dimensi Responsiveness, 6 atribut dimensi Assurance, 3 atribut dimensi Emphaty. Nilai Customer Satisfaction Index (CSI) yang didapatkan sebesar 79% yang termasuk kedalam kategori memuaskan. Pada metode Importance – Performance Analysis (IPA) didapatkan atribut T1, T3, T5, T7, A3, A5, E1, dan E3 termasuk dikuadran A “Prioritas Utama”. Atribut RL2, A1, A4, dan A6 termasuk dikuadran B “Pertahankan Prestasi”. Atribut T2, T4, T6, RL1, RP1, RP2, RP3, A2, dan E2 termasuk kedalam kuadran D “Berlebihan”. Usulan perbaikan yaitu dapat dilakukannya perbaikan pada atribut yang masuk kedalam kuadran A, mempertahankan kinerja atribut yang termasuk kedalam kuadran B, serta mengurangi kinerja atribut yang dianggap kedalam kuadran D.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance – Performance Analysis (IPA) | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan FT | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 08:19 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 08:19 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50850 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |