Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANTEN DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK

Nurprabandari, Annisa and Dimyati, Idi and Nesia, Andin (2015) STRATEGI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANTEN DALAM MEMBANGUN EKSISTENSI SEBAGAI LEMBAGA PENYIARAN PUBLIK. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Annisa Nurprabandari - KOM 2015)
STRATEGI RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) BANTEN - Copy.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Annisa Nurprabandari. 6662102364. Skripsi. Strategi Radio Republik Indonesia (RRI) Banten Dalam Membangun Eksistensi Sebagai Lembaga Penyiaran Publik. Pembimbing 1: Idi Dimyati, S.Ikom.,M.Ikom dan Pembimbing II: Andin Nesia, S.IK., M.Ikom RRI Banten merupakan RRI termuda dari seluruh RRI di Indonesia yang mulai mengudara pada tahun 2012 dan siaran produksinya di bawah naungan atau binaan RRI Jakarta. Beroperasi pada frekuensi 94,9 FM di daerah Karundang, Serang, RRI Banten merupakan Programma 1 (PRO 1) yang merupakan kanal pemberdayaan masyarakat, yang segmentasi program siarannya digolongkan untuk semua golongan atau usia, sehingga manajemennya masih diawasi oleh pusat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi RRI Banten dalam membangun eksistensi sebagai lembaga penyiaran publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif menggunakan beberapa langkah yaitu: Observasi, wawancara, riset diskusi, dokumentasi, uji validitas dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis SWOT, penelitian ini menemukan bahwa Radio Republik Indonesia Banten 94,9 FM mempunyai kekuatan diantaranya RRI Banten merupakan bagian dari pemerintah sehingga permodalan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. Kelemahan, yaitu Kekurangan personil dalam struktur organisasi. Peluang, Segmentasi siaran yang dibidik oleh RRI adalah masyarakat-masyarakat yang tidak terjangkau oleh hiburan-hiburan seperti halnya TV dan radio-radio swasta lainnya di pelosok-pelosok daerah. Ancaman, Banyaknya kompetitor seperti radio swasta, televisi, dan koran. Dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman tersebut, dapat ditentukan strategi yaitu, memaksimalkan akses yang dimiliki untuk kerjasama serta merangkul pemerintah untuk memudahkan perluasan jaringan, meningkatkan kualitas SDM karyawan dengan promosi ke lain daerah, rotasi dan memberi reward, menambah segmentasi PRO 2 yang kontennya untuk anak muda/remaja serta melengkapi sistem siaran dengan audio dan video streaming. Kata Kunci: RRI Banten, Analisis SWOT, Eksistensi

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Annisa Nurprabandari. 6662102364. Essay. The strategy of RRI Banten in building the existence as the broadcast public institution. Perceptor 1: Idi Dimyati, S.Ikom.,M.Ikom and Perceptor II: Andin Nesia, S.IK., M.Ikom RRI banten is the youngest RRI in Indonesia that begin the on air in 2012 and the broadcast production is under the guidance RRI Jakarta. It’s operate on 94.9 FM in Karundang, Serang. RRI Banten is the Programma (PRO 1) that’s the channel of society empowerment, the broadcast segmentation it self is include for universal category or universal age, so the management of 94.9 FM RRI Banten is still under control RRI Jakarta (Central RRI). The purpose of this research is to know the strategy of RRI Banten in building the existence as the public broadcast institution. This research use qualitative approach with descriptive method that needed some steps like: observation, interview, discussion research, documentation, validity test, and make a conclusion. Based on the SWOT analytical, the researcher found that 94.9 FM RRI Banten has a strength, such as: RRI Banten is the part of the government, so the financial capital is come from the calculation income and state expenditure or calculation income and region expenditure. The weakness of the RRI Banten is lack of the staffin the organization structure. The opportunity of RRI Banten is the broadcast segmentation that focus on the communities that can’t reach by the other entertainment on the TV station and the private Radios in the outlying region. Threat, its so many competitor such private radio, television, and newspaper. From the strength, weakness, opportunity and the threat above, the researcher found the strategy: maximizing the access that RRI Banten have to work together and huddle up the government to make the network expansion easier, increasing the quality of the employee human resource with promote to the other region, rotation and give a reward, adding the PRO 2 segmentation which is the contain is exclusive for the young people/teenager and also completing the broadcast system with the audio and video streaming. Key Words: RRI Banten, SWOT analytical, Existence
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Jul 2016 02:31
Last Modified: 20 Jul 2016 02:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item