Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL FLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI PENGGERAK SEPEDA LISTRIK

ZENSIH, MUHAMMAD MAULANNA (2021) PERANCANGAN DAN PERBANDINGAN PERFORMA MOTOR BRUSHLESS DIRECT CURRENT (BLDC) RADIAL FLUX OUTER ROTOR DAN INNER ROTOR SEBAGAI PENGGERAK SEPEDA LISTRIK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Abstrak)
Abstrak Skripsi Muhammad Maulanna Zensih (3332170028).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[img] Text (Fulltext)
Naskah Skripsi Muhammad Maulanna Zensih (3332170028).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Indonesia menetapkan target Indonesia nol emisi pada tahun 2060. Selaras dengan rencana itu, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menetapkan kebijakan transportasi di kampus barunya. Kebijakan transportasi ini ditetapkan guna membatasi jumlah kendaraan bermotor dan menganjurkan mahasiswa dan pegawai untuk berjalan di sekitar Kampus. Kampus Sindang sari yang merupakan Kampus baru Untirta di bangun pada lahan seluas 11,5ha. Pada lahan yang luas kebijakan tersebut cukup memberatkan jika dilihat dari efisiensi waktu, sehingga muncul gagasan untuk membuat penelitian terkait sepeda listrik guna menyelesaikan masalah tersebut. Sepeda adalah alat transportasi jarak dekat yang dirancang sebagai alat transportasi yang mudah dibawa dan tidak memerlukan ruang yang besar untuk penyimpanannya. Komponen yang membedakan sepeda listrik dan sepeda konvensional adalah motor listrik, baterai dan sistem kontrol. Motor listrik adalah komponen utama penggerak sepeda listrik. Motor listrik yang biasa digunakan sebagai aplikasi penggerak sepeda listrik adalah motor BLDC inner rotor dan outer rotor. Motor BLDC adalah salah satu jenis motor sinkron. Inner rotor dan outer rotor merupakan jenis peletakkan rotor pada bagian dalam dan luar dari motor. Penelitian ini bertujuan untuk merancangan, membandingkan performa serta memilih motor BLDC inner rotor dan outer rotor untuk aplikasi sepeda listrik. Metode yang digunakan pada perancangan motor BLDC ini adalah metode simulasi dengan menggunakan software desain elektromagnetik berbasis FEM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan performa motor BLDC outer rotor lebih unggul dibandingkan motor BLDC inner rotor. Efisiensi motor BLDC outer rotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapat sebesar 92,77% dan 91,976%. Pada motor BLDC inner rotor 18 slot 16 pole dan 18 slot 14 pole didapatkan efisiensi sebesar 87,572% dan 89,505%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sepeda listrik, Motor BLDC, FEM
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 04 Jul 2025 04:22
Last Modified: 04 Jul 2025 04:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/50597

Actions (login required)

View Item View Item