Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU ANAK USIA DINI (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kecamatan Koroncong Pandeglang Banten)

LISTIANINGSIH, NINA (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU ANAK USIA DINI (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kecamatan Koroncong Pandeglang Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU ANAK USIA DINI (Penelitian Kuantitatif di PAUD Kecamatan Koroncong Pandeglang Banten).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Kompetensi pedagogik adalah kemampuan tentang mengorganisasikan aspek perkembangan sesuai dengan karakteristik anak usia dini. Salah satu faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik guru adalah kinerja. Peneliti memilih Lembaga PAUD di Kecamatan Koroncong karena peneliti menilai dalam penyelenggaraan pendidikan diperlukan adanya perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru anak usia dini di PAUD Kecamatan Koroncong Pandeglang BantenPenelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey, yaitu penelitian yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga dapat ditemukan kejadian kejadian relatif, distributif dan hubungan antar variabel, sosiologis maupun psikologis. Jumlah populasi lembaga PAUD dan guru PAUD di Kecamatan Koroncong Pandeglang Banten yaitu terdiri dari 14 PAUD dan 71 guru, seluruhnya dijadikan sebagai sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket). Metode analisis data penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru anak usia dini yang dapat dilihat dari hasil analisis yaitu thitung > ttabel (5,887 > 0,361) dan sig < 0,05 (0,00<0,05), maka Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan pada kompetensi pedagogik guru terhadap kinerja guru anak usia dini. Dilihat dari hasil nilai rata-rata antara variabel kompetensi pedagogik (X) dan variabel Kinerja guru (Y) yaitu diperoleh nilai variabel X( kompetensi pedagogik) memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,45 termasuk kategori sangat tinggi dan variabel Y (kinerja guru) memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,49 termasuk kategori sangat tinggi. Dengan demikian kompetensi pedagogik guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas kinerja guru itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorRaharja, Mauldy Raharja041912830
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 29 Apr 2023 10:11
Last Modified: 29 Apr 2023 10:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item