Sevtya Lytha Pratamie, Farrach (2017) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN TEKNIK COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENI.PDF Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
konsep matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematisnya. Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah teknik CRH. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan meningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan teknik CRH dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan teknik CRH. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan teknik CRH dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifk, serta siswa memiliki sikap yang kuat terhadap pembelajaran matematika dengan teknik CRH.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | konsep matematis yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematisnya. Salah satu teknik yang dapat diterapkan adalah teknik CRH. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan meningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan teknik CRH dengan pendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang menggunakan pendekatan saintifik, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan teknik CRH. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Kota Serang tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan teknik CRH dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang menggunakan pendekatan saintifk, serta siswa memiliki sikap yang kuat terhadap pembelajaran matematika dengan teknik CRH. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 10 Nov 2021 13:30 | |||||||||
Last Modified: | 10 Nov 2021 13:30 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/5002 |
Actions (login required)
View Item |