Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

HIDAYATULLAH, ARIF (2017) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DENGAN STRATEGI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematissiswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajarn kooperatif tipe think pair share (tps). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkanpembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1Tirtayasa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari enam kelas yang ada, yakni kelas VIII-Fsebagai kelas ekperimen dankelas VIII-Esebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih, IndhiraUNSPECIFIED
Thesis advisorIskandar, KahiridaUNSPECIFIED
Additional Information: Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran matematissiswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa, salah satunya ialah pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajarn kooperatif tipe think pair share (tps). Penelitian ini bertujuan untukmengetahui kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkanpembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps)lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1Tirtayasa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster sampling. Sampel diambil dua kelas dari enam kelas yang ada, yakni kelas VIII-Fsebagai kelas ekperimen dankelas VIII-Esebagai kelas kontrol.Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa tes kemampuan penalaran matematis.Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, dan peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan open-ended dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe think pair share (tps) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 10 Nov 2021 13:27
Last Modified: 10 Nov 2021 13:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item