Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

GAYA HIDUP HEDONISME DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout)

Dianti, Neni and Mukhroman, Iman and Gumelar, Rangga G. (2015) GAYA HIDUP HEDONISME DALAM IKLAN TELEVISI (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text (Neni Dianti - KOM 2015)
Neni Dianti 6662110871 - Copy.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Neni Dianti. 6662110871. Skripsi.Gaya Hidup Hedonisme dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Magnum Versi Pink and Black dan Magnum Indonesia Versi Raisa Hangout).Skripsi Konsentrasi Ilmu Humas: Program Ilmu Komunikasi fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Pembimbing I: Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si. Pembimbing II: Dipl. Ing Rangga Galura Gumelar, M.Si. Iklan televisi merupakan media massa yang efektif dalam mengkonstruksi simbol dan makna pesan yang dideskripsikan melalui visualisasi gambar dan daya tarik fisik yang apik. Pendeskripsian Iklan Magnum versi pink and black dan Magnum versi Indonesia Raisa Hangout akan simbol dan makna gaya hidup dengan ukuran kesenangan sebagai pusat utamanya dikonstruksi menjadi suatu hal yang semestinya. Hedonisme adalah paham yang menganut kesenangan sebagai moralitas terbaik,hal tersebut berdampak pada sikap negatif yang yang menyangkut pada etika dan moral seseorang dimasyarakat seperti timbulnya sikap acuh, individualis dan egois. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika lima kode pemikiran Roland Barthesyang berupa kode hermeneutik, kode semik, kode simbolik, kode proairetik, serta kode gnomik yang terdapat pada kedua iklan magnum. Paradigma pada penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dan pengamatan video pada kedua iklan magnum. Hasil penelitian ini adalah a)kode hermeneutik,simbol berperan dalam membentuk makna gaya hidup akan kesenangan b)kode semik,pengkonstruksian nilai-nilai wanita modern dibentuk menjadi kualitas impian kesenangan wanita kini, c) kode simbolik,penggunaan properti seperti pakaian, aksesoris, kesan warna, teknik pengambilan gambar untuk menangkap penggambaran situasi setting tempat suasana yang terbangun serta ekspresi yang menjadi visualisasi daya tarik pesan, d) kode proairetik,simbol kesenangan dipetakan seakan mengiring hidup hanya untuk kesenangan semata, e) kode gnomik,konstruksi cara hidup bangsa luar yang divisualisasikan oleh simbol dan makna sehingga kita merasa lumrah memandang kebudayaan barat. Kata kunci : iklan magnum versi pink and black dan magnum versi Indonesia Raisa hangout, gaya hidup hedonisme, semiotika, lima kode Roland Barthes.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Neni Dianti. 6662110871.Thesis.HedonismLifestyle in Television Advertising (Semiotics Analysis Roland Barthes on Magnum Ad Version Pink and Black and Magnum Indonesia Version Raisa Hangout). Concentration of Science Thesis PR : Communication Studies Program Faculty of Social and Political Sciences : University of Sultan Agung Tirtayasa .Supervisor I: Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si. Supervisor II: Dipl. Ing Rangga Galura Gumelar, M.Si. Television advertising is an effective mass media in constructing symbols and the meaning of the message described through the epic visualization of the image and the physical attractivenes.Description of magnumad version pink and black and magnum versions Indonesia Raisa Hangout constitute a symbols and meanings of the lifestyle with the measure of main centers constructed as the pleasure becomes a real thing.Hedonism is belief that adhering pleasure as the best morality, it have an impact the negative attitude that concerns on ethical and moral person in the community such as the incidence of indifference, individualist and selfish.This research uses five codes semiotic analysis of Roland Barthes.The purpose of this research is to explain and elaborate five code signssystem of Roland Barthes in the form of hermeneuticscode, semiccode, symbolic code, code proairetic, and gnomik code (cultural) was contained in bothmagnumad. Paradigm of this research is constructivism with the research method used qualitative using data collection techniques such as interviews and observations on both video magnumad. Theresults of this research is a) hermeneutics code, symbol meaning of establish lifestyle to pleasure, b) semic code construction of modern women's values are molded into the quality of women's pleasure dreams.c) symbolic code, use properties such as clothes, accessories, color impression, shooting techniques to capture the depiction of a place setting situationand the expression becomes the visualization to appeal of the message, d) proairetic code, the pleasure symbol mapped a life as only for mere pleasure, e) code gnomik, construction western way of life which visualized by symbols and meanings that we felt common of Western culture. Keywords: magnum ad version pink and black and magnum version Indonesia Raisa hangout, hedonistic lifestyle, semiotic, five code Roland Barthes.
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 20 Jul 2016 01:36
Last Modified: 20 Jul 2016 01:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item