Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN E-MODULE CARA MEMBUAT WEB INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TIK DI YAYASAN AL HUSNA KAB. TANGERANG

Fariz, Ilma Fauziana (2025) PENGEMBANGAN E-MODULE CARA MEMBUAT WEB INTERAKTIF BERBASIS GOOGLE SITES DALAM MENYUSUN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMANFAATAN TIK DI YAYASAN AL HUSNA KAB. TANGERANG. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
01. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
03. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ 01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
04. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ 02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
05. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
06. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[img] Text
07. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
08. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[img] Text
09. Ilma Fauziana Fariz _ 7772230007 _ Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

This study is motivated by (1) the development of ICT in education; (2) the role of Google Sites in learning; (3) ICT competence of teachers at Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang; (4) the need for product development or training to improve teachers' competence in utilizing ICT at Yayasan Al Husna. The aim of this study is to develop, validate, test, evaluate the effectiveness, gather feedback from teachers, and test the practicality of the e-module on how to create teaching materials using Google Sites at Yayasan Al Husna. The method used is research and development with the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data analysis techniques include both descriptive qualitative and quantitative methods. The results of the material expert validation show a score of 70%, while the media expert gives a score of 92%. The field trial results show a score of 66%, categorized as fairly effective. The teachers' response to the e-module shows a positive interest, with survey results reaching a score of 82%, categorized as very feasible, while the practicality assessment of the product received a score of 80%, categorized as practical. Based on the research, it can be concluded that the developed e-module is quite effective and practical, with positive responses from the teachers as users.

Item Type: Thesis (Master)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, Sholeh195805091984031003
Thesis advisorRusdiyani, Isti196402281990012001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh (1) Perkembangan TIK dalam pendidikan; (2) Pemanfaatan google sites dalam pembelajaran; (3) Kompetensi TIK guru di Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang; (4) Kebutuhan pengembangan suatu produk atau pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru di Yayasan Al Husna dalam pemanfaatan TIK. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memvalidasi, menguji coba, menguji efektivitas, mengetahui respon guru, serta menguji kepraktisan produk e-module cara mudah membuat bahan ajar menggunakan google sites di Yayasan Al Husna Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan yaitu metode research and development dengan model pengembangan yaitu ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi dari ahli materi menunjukkan hasil 70% sedangkan ahli media memberikan nilai sebesar 92%. Adapun hasil uji coba lapangan menunjukkan hasil sebesar 66% dengan kategori cukup efektif. Respon guru sebagai pengguna e-module menunjukkan ketertarikan yang positif, tergambar dari hasil angket guru yang mencapai penilaian 82% atau kategori sangat layak, sedangkan penilaian kepraktisan produk mendapatkan nilai sebesar 80% atau termasuk ke dalam kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa e-module yang dikembangkan tergolong cukup efektif dan praktis, dengan respons positif dari guru sebagai pengguna.
Uncontrolled Keywords: e-module, google sites, ict competence, yayasan al husna e-module, google sites, kompetensi tik, yayasan al husna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 08-Pascasarjana
08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Ilma Fauziana Fariz
Date Deposited: 21 May 2025 02:10
Last Modified: 21 May 2025 02:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/48886

Actions (login required)

View Item View Item