Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN SELF GIFT DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA (Studi Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Serang)

SAFIRA, AULIA (2024) HUBUNGAN SELF GIFT DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA SISWA (Studi Penelitian Korelasi pada Siswa Kelas X SMAN 2 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (SKRIPSI)
Aulia Safira_2285190033_Reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Current developments are growing so rapidly, that in meeting their needs, consumers are often driven by certain motives to obtain the goods or services they need. Self gift is a form of behavior of buying gifts to give to yourself. The giver and recipient of the gift are the same person. Self-gifts can be a symbol of a form of self-communication carried out for oneself. Someone can take action to buy a product or service through a self-gift. However, when the act of buying becomes uncontrolled and irrational, this action can lead to consumer behavior. The aim of this research is to determine the description of self-gifts in students' consumer behavior. The research method used is quantitative research with a correlation study approach. Meanwhile, the selection of informants used random sampling techniques. The population in this study used the Solvin formula and obtained 240 students. The results of this research show that between the consumer behavior variable and the self-gift variable there is a correlation coefficient (r) of 0.851. With a significance value of 0.000 <0.05. This means that there is a positive correlation between the consumptive behavior variable and the self-gift variable with a relationship level that is close to perfect. This means that 85.1% of the data between the two variables has a very significant positive relationship.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAFIATI, EVI197908012006042003
Thesis advisorNURMALA, MEILLA DWI198405222023212025
Additional Information: Perkembangan jaman saat ini tumbuh begitu pesatnya, sehingga dalam memenuhi kebutuhannya, konsumen seringkali didorong oleh motif tertentu untuk mendapatkan barang atau jasa yang dibutuhkannya. Self gift merupakan bentuk perilaku membeli hadiah untuk diberikan kepada diri sendiri. Pemberi dan penerima hadiah tersebut merupakan satu orang yang sama. Self gift dapat menjadi simbol dari suatu bentuk komunikasi diri (self communication) yang dilakukan untuk diri sendiri. Seseorang dapat melakukan tindakan membeli suatu produk atau jasa melalui self gift. Namun ketika tindakan membeli itu menjadi tidak terkontrol dan tidak rasional maka tindakan tersebut dapat menyebabkan perilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran self gift pada perilaku konsumtif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasi. Sedangkan pemilihan informan menggunakan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini menggunakan rumus Solvin dan didapatkan 240 siswa. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa bahwa antara variabel perilaku konsumtif dengan variabel self gift terdapat koefisien korelasi (r) sebesar 0,851. Dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti bahwa ada korelasi positif antara variabel perilaku komsumtif dengan variabel self gift dengan tingkat hubungan mendekati sempurna. Hal tersebut memiliki arti bahwa 85,1 % data antara kedua variabel berhubungan positif sangat signifikan.
Uncontrolled Keywords: Self Gift; Consumptive Behavior; Correlation Studies. Self Gift; Perilaku Konsumtif; Studi Korelasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86201-Jurusan Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Ms Aulia Safira
Date Deposited: 16 May 2025 07:18
Last Modified: 16 May 2025 07:18
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/48729

Actions (login required)

View Item View Item