Syamsuri, Syamsuri and Nindiasari, Hepsi (2021) Penguatan Konsep Matematis Bagi Guru Matematika Melalui Pelatihan Software Scilab Secara Daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2 (1). pp. 8-14. ISSN 2723-6269
Text
3190-13258-2-PB.pdf - Published Version Download (509kB) |
Abstract
Salah satu kompetensi bagi guru matematika yang pelu dikuasai ialah pendalaman terhadap materi pelajaran berupa konsep-konsep matematis. Diantara metode yang bisa dilakukan ialah melalui pelatihan perangkat lunak pendukung pelajaran matematika. Salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan pada pembelajaran matematika adalah perangkat lunak Scilab. Pemanfaatan perangkat lunak Scilab dalam pembelajaran matematika tentunya tidak terlepas dari peran guru. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan daring perangka lunak Scilab untuk pembelajaran matematika. Metode yang digunakan yaitu pelatihan daring, dan evaluasi kegiatan dilakukan dengan cara pengisian kuesioner tentang pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan perangkat lunak Scilab. Pelatihan daring ini dilakukan secara sinkron sebanyak 2 kali pada periode September 2020, dan didampingi secara asinkron melalui aplikasi Edmodo. Guru yang berpartisipasi aktif dalam pelatihan daring ini ada sekitar 68 guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA Kabupaten Lebak dan Matematika Nusantara Wilayah Banten. Respon guru terhadap pembelajaran dengan memanfaatkan perangkat lunak Scilab bergantung pada kemampuan awal guru mengenai perangkat lunak tersebut. Hasil dari kegiatan ini yaitu pelatihan daring ini mampu menambah wawasan guru tentang perangkat lunak pembelajaran matematika khususnya Scilab. Dari 68 peserta yang ikut pelatihan, hanya 36 peserta yang mengisi kuesioner dengan hasil sangat baik sebanyak 8 orang, memuaskan 9 orang, luar biasa 6 orang, cukup 10 orang, dan rendah 3 orang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Guru Matematika; Pelatihan Daring; Pembelajaran Matematika; Scilab |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dr. Syamsuri Syamsuri |
Date Deposited: | 25 Nov 2021 14:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2021 14:49 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4862 |
Actions (login required)
View Item |