Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA

Ariesandi, Ilham and Syamsuri, Syamsuri and Yuhana, Yuyu and Fatah, Abdul (2021) Analisis kebutuhan pengembangan modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 12 (2). pp. 178-190. ISSN 2579-7646

[img] Text
7793-27337-1-PB.pdf - Published Version

Download (223kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan untuk mengembangkan modul elektronik berbasis inkuiri dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret siswa SMA. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru pelajaran matematika SMA sekitar wilayah/kota Tangerang. Pengumpulan data melalui angket dengan Google Formulir. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan guru belum terintegrasi dengan pendekatan inkuiri, sehingga dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa modul elektronik sebagai alternatif bahan ajar berbasis inkuiri, yang diharapkan dapat membuat siswa tertarik dan senang belajar matematika. Sedangkan materi barisan dan deret disusun dengan menerapkan kemampuan berpikir komputasi di dalamnya. Hasil studi literatur dan studi lapangan menunjukkan bahwa perlu dikembangkan bahan ajar berupa modul elektronik berbasis inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir komputasi pada materi barisan dan deret SMA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: needs analysis; electronic modules; inquiry; computational thinking skills; sequences and series
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: 08-Pascasarjana > 84102-Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Dr. Syamsuri Syamsuri
Date Deposited: 10 Nov 2021 21:41
Last Modified: 10 Nov 2021 21:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4861

Actions (login required)

View Item View Item