Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS MENES KABUPATEN PANDEGLANG

DWI PUTRI, MEGA (2025) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI PUSKESMAS MENES KABUPATEN PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106 fullteks.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_reff.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
MEGA DWI PUTRI_6661190106_lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

The most important thing that a government agency has is the quality of service, because the quality of service greatly influences the goals to be achieved. The quality of service, especially in terms of health services, can be in the form of interactions carried out by health service providers with health service users. The quality of health services certainly greatly influences patient satisfaction, especially BPJS patients at the Menes Health Center, Pandeglang Regency. To achieve patient satisfaction as expected by the agency, service officers must meet service quality standards including responsiveness, reliability, assurance, empathy and real evidence. The purpose of this study was to determine how much influence the quality of health services has on BPJS patient satisfaction at the Menes Health Center, Pandeglang Regency. The theory used in this study is Kotler's theory in (Rambat, 2021). The research method used is a descriptive quantitative method. The sampling technique used the Slovin formula which obtained 99 respondents. Data collection using a questionnaire in paper form that was distributed to all BPJS patients. Data management used simple linear regression with the help of SPSS 25 to determine the effect of the independent variables on the dependent variables. The test results show that the value of health service quality reaches 76.09% while the patient satisfaction value reaches 76.49%. Based on the calculation results, namely Y = 52.779 + 0.34. The value is based on the coefficients table, which is known that the value of the t test = 8.565 and the significance value = 0.000 which is smaller than 0.05. Thus, Ho is rejected and Ha is accepted. So it can be concluded that there is an influence of health service quality on BPJS patient satisfaction at the Menes Health Center, Pandeglang Regency.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBUDIATI, AYUNING196905022005012001
Additional Information: Hal terpenting yang dimiliki oleh suatu instansi pemerintahan yaitu kualitas pelayanan, karena kualitas pelayanan sangat berpengaruh terhadap tujuan yang ingin dicapai. Kualitas pelayanan khususnya dalam segi pelayanan kesehatan dapat berupa interaksi yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan kesehatan terhadap pengguna pelayanan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan tentu sangat berpengaruh terhadap suatu kepuasan pasien khususnya pasien BPJS di Puskesmas Menes Kabupaten Pandeglang. Demi mencapai kepuasan pasien sesuai dengan yang diharapkan instansi, maka petugas pelayanan harus memenuhi standar kualitas pelayanan diantaranya yaitu daya tanggap, kehandalan, jaminan, empati dan bukti nyata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Menes Kabupaten Pandeglang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Kotler dalam (Rambat,2021). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin yang didapatkan jumlah responden sebanyak 99 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner dalam bentuk kertas yang disebarkan kepada seluruh pasien BPJS. Pengelolaan data menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 25 untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai kualitas pelayanan kesehatan mencapai 76,09% sedangkan nilai kepuasan pasien mencapai 76,49%. Berdasarkan hasil perhitungan yaitu Y = 52.779 + 0.34. Nilai tersebut berdasarkan dari tabel coefficients, yang diketahui bahwa besarnya nilai t test = 8.565 dan besarnya signifikasi = 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Dengan demikian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien BPJS di Puskesmas Menes Kabupaten Pandeglang.
Uncontrolled Keywords: Quality of Health Services, Patient Satisfaction Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Mega Dwi Putri
Date Deposited: 19 Mar 2025 07:13
Last Modified: 19 Mar 2025 07:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/47962

Actions (login required)

View Item View Item