Mahendra, Indra (2024) RANCANG BANGUN REMOTLY OPERATED VEHICLE (ROV) PEMBERSIH SAMPAH DI PERMUKAAN AIR. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Fulltetx)
IndraMahendra_3332170063_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text (Bab 1)
IndraMahendra_3332170063_01_DP.pdf Restricted to Registered users only Download (870kB) |
![]() |
Text (Bab 2)
IndraMahendra_3332170063_02.pdf Restricted to Registered users only Download (714kB) |
![]() |
Text (Bab 3)
IndraMahendra_3332170063_03.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) |
![]() |
Text (Bab 4)
IndraMahendra_3332170063_04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab 5)
IndraMahendra_3332170063_05.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
IndraMahendra_3332170063_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
IndraMahendra_3332170063_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
Abstract
Lingkungan perairan semakin terancam dan semakin rusak. Kerusakan buatan manusia yang tidak ramah lingkungan menjadi penyebab yang diyakini telah menyebabkan kerusakan perairan. Armada perairan yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan di perairan, salah satunya adalah dengan membuat robot kapal tanpa awak, salah satu pengetahuan yang berkembang dewasa ini yaitu Remotely Operated Vehicle (ROV). ROV ini merupakan kendaraan bawah air dikendalikan dari permukaan, pengemudi membuat keputusan dan kendali langsung, menggunakan Surface Unit kendali (SCU), tujuan pada penelitian ini adalah Pembuatan kapal sebagai alat pembersih sampah permukaan air. Mengetahui berapa gaya hambatan kapal dan daya yang diperlukan untuk mengatasi hambatan kapal. Mengetahui berapa beban maksimal yang dapat tertampung oleh kapal. Mengetahui kecepatan kapal yang dihasilkan dari spesifikasi propeller kapal. Penelitian ini membahas tentang rancang bangun ROV, dapat diambil kesimpulan bodi kapal dengan model katamaran menggunakan material PVC sebelumnya sudah dirancang. Menghasilkan dimensi kapal yaitu panjang 68cm, lebar 54cm dan tinggi kapal 20cm. Hambatan kapal yaitu RT sebesar 0,0413786 kN. Daya efektif kapal (EHP) 0,002610HP atau 0,0019447kW. Daya penggerak utama BHP (mrc) 0,0026858. BHP (mrc) sebesar 0,0031598. Kecepatan kapal sebesar 2,1 Knot.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 05 Mar 2025 07:34 |
Last Modified: | 05 Mar 2025 07:43 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/47700 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |