Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN BANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Budi Santoso, Tri (2017) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN BANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN BANTUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan bantuan GeoGebra. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan VIII-9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pada pembelajarannya menggunakan model Reciprocal Teaching dengan bantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, IndianaUNSPECIFIED
Thesis advisorNovaliyosi, NovaliyosiUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuam komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan bantuan GeoGebra. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan VIII-9 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa, sedangkan pengumpulan data kualitatif menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pada pembelajarannya menggunakan model Reciprocal Teaching dengan bantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 15:01
Last Modified: 09 Nov 2021 15:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4740

Actions (login required)

View Item View Item