Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS

AYU WULANDARI, ANISA (2017) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN IPS. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBE.PDF
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

The aim of this study was to find out the different on the students IPS achievement that have been taught by using Cooperative Learning tipe Jigsaw model and using direct instruction. This research used quasi eksperimental study with nonequivalent control group design. This research was conducted in SD Negeri Kubang on 17st October to 20th October 2016. The sampling technique used purposive sample. In this study, class V A as the experiment class make use of Cooperative Learning tipe Jigsaw model and V B as the control class using direct instruction. The research instrument was 20 item of multiple choices. To test the hypothesis in this research, the researcher used t-test. The result showed thitung > ttabel, 2,464 > 2,008, so the alternative hypothesis (Ha) was accepted. It meant that there was a significant different between students achievement by using Cooperative Learning tipe Jigsaw model with students achievement by using direct instruction. While by using test one hand (right hand test) show that price thitung> ttabel with α = 0.05, namely 2.464> 2.008, then Ho is rejected Ha accepted. The criteria indicate that the results of social studies students indicated that Cooperative Learning Jigsaw Model better than students who use direct instructional model.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDamanhuri, DamanhuriUNSPECIFIED
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS peserta didik yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desaian penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Kubang dari tanggal 17 Oktober – 20 Oktober 2016. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pada penelitian ini, kelas V A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dan V B sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen penelitian yang diberikan berupa 20 soal pilihan ganda. Teknik analisa data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel, 2,464 > 2,008, maka Ha diterima, artinya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. Sedangkan dengan menggunakan uji satu pihak (uji pihak kanan) menunjukkan bahwa harga thitung > ttabel dengan α = 0,05, yaitu 2,464 > 2,008, maka Ho ditolak Ha diterima. Kriteria tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa menunjukkan bahwa Cooperative Learning tipe Jigsaw lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:55
Last Modified: 09 Nov 2021 14:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4735

Actions (login required)

View Item View Item