Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KESALAHAN UJI KESELAMATAN PADA MOBIL PENUMPANG DAIHATSU DITINJAU BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

FIRZATULLOH, FAADI (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KESALAHAN UJI KESELAMATAN PADA MOBIL PENUMPANG DAIHATSU DITINJAU BERDASARKAN UU NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
Faadi Firzatullah_1111200178_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)

Abstract

Vehicle safety testing is a series of programs to ensure driving safety before a vehicle product is launched on the market. Included in the vehicle safety test is a crash test or New Car Assessment Program (NCAP) to improve driving safety. This study reviews consumer protection efforts in relation to safety test errors on Daihatsu cars, as stipulated in Law No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection. In the case of safety test errors on Daihatsu cars, there are losses experienced by consumers such as damage to the driver's door which is not tight enough and several other damages that affect safety. The identification of problems that will be described by the author is legal protection and efforts and responsibilities of business actors for losses experienced by consumers. The author analyzes and emphasizes that the case violates the provisions of Article 4 of Law no. 8 of 1999 concerning consumer protection. From the problems above, the author uses a legal framework approach which is intended to protect consumers from potential risks associated with inaccuracies in automotive safety testing. This study uses the theory of consumer protection and the responsibility of business actors. This study uses a normative juridical method. This type of research uses qualitative descriptive research. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. The results of this study are to understand that consumers have the right to obtain safe, quality products that are in accordance with the specifications promised by the manufacturer. Legal efforts and responsibilities carried out by consumers, such as filing a lawsuit for losses suffered due to product defects, are one means of demanding accountability from the manufacturer.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFAUZIAH, FARIDATUL195907281985032002
Thesis advisorMUSLIH, MUHAMMAD198809052020121002
Additional Information: Uji keselamatan kendaraan adalah serangkaian program untuk memastikan keselamatan berkendara sebelum produk kendaraan diluncurkan di pasaran. Termasuk di dalam uji keselamatan kendaraan adalah uji tabrak (crash test) atau New Car Assessment Program (NCAP) untuk meningkatkan keselamatan berkendara. Penelitian ini mengulas upaya perlindungan konsumen dalam kaitannya dengan kesalahan uji keselamatan pada mobil Daihatsu, sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Dalam kasus kesalahan uji keselamatan pada mobil Daihatsu ini terdapat kerugian yang dialami oleh konsumen seperti kerusakan pada pintu pengemudi yang kurang rapat dan beberapa kerusakan lainnya yang mempengaruhui keselamatan. Identifikasi masalah yang akan diuraikan penulis ialah perlindungan hukum dan upaya serta tanggungjawab dari pelaku usaha atas kerugian yang dialami oleh konsumen. Penulis menganalisis dan menekankan bahwa kasus melanggar ketentuan pasal 4 UU no 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Dari permasalahan diatas penulis melalui pendekatan kerangka hukum yang dimaksudkan untuk melindungi konsumen dari potensi risiko yang terkait dengan ketidakakuratan pengujian keselamatan otomotif. Penelitian ini menggunakan teori perlindungan konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Hasil penelitian ini untuk memahami bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan produk yang aman, berkualitas, dan sesuai dengan spesifikasi yang dijanjikan oleh produsen. Upaya hukum serta tanggungjawab yang dilakukan oleh konsumen, seperti pengajuan gugatan atas kerugian yang dialami akibat cacat produk, menjadi salah satu sarana untuk menuntut pertanggungjawaban dari pihak manufaktur
Uncontrolled Keywords: Safety test, Daihatsu, Consumer protection Uji keselamatan, Daihatsu, Perlindungan konsumen
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 01-Fakultas Hukum > 74201-Program Studi Ilmu Hukum
01-Fakultas Hukum
Depositing User: Mr Faadi Firzatulloh
Date Deposited: 28 Feb 2025 03:36
Last Modified: 28 Feb 2025 03:36
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/47276

Actions (login required)

View Item View Item