Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pemenuhan Hak Disabilitas: Aksesibilitas Jalan Di Jakarta Timur.

Suratman, Agus (2025) Pemenuhan Hak Disabilitas: Aksesibilitas Jalan Di Jakarta Timur. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_01^.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text (Skripsi)
Agus Suratman_6670190065_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
Agus Suratman_6670190065_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)

Abstract

This study aims to analyze the fulfillment of disability rights: road accessibility in East Jakarta. This study is motivated by people with disabilities who experience difficulties in their mobility activities on pedestrian sidewalks that are still uneven in terms of accessibility needs. This study uses two theoretical frameworks, namely the Accessibility Indicator theory from Black and the State Obligation Theory from Marzuki. This study uses a qualitative research method with a case study approach. The results of this study are that the mobility needs of people with disabilities on pedestrian sidewalks using Guiding Blocks and ramps are still not fully even and in terms of accessibility indicators including ease, usefulness, independence, and safety are inadequate for people with disabilities. The state obligations carried out by the DKI Jakarta Bina Marga Agency as a state organizer that have not been maximized in providing the needs of Guiding Blocks and ramps for the disabled are due to limited budgets, internal and external communication from the DKI Jakarta Bina Marga Agency which is less than optimal. And from the community who are less aware of using pedestrian sidewalks for personal interests, both parking and street vendors or PKL.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKartiko Utami, Wahyu199006242022032001
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan hak disabilitas: aksesibilitas jalan di Jakarta timur. Penelitian ini Dilatar belakangi oleh penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan dalam mobilitas aktivitasnya pada pedestrian trotoar yang masih belum merata secara kebutuhan aksesibilitas. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori yaitu teori Indikator Aksesibilitas dari Black dan Teori Kewajiban Negara dari Marzuki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam kebutuhan mobilitas penyandang disabilitas pada pedestrian trotoar dengan menggunakan Guiding Block dan ramp masih belum sepenuhnya merata dan secara indikator aksesibilitas meliputi kemudahan, kegunaan,kemandirian, dan keselamatan kurang memadai bagi penyandang disabilitas. Kewajiban negara yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta sebagai penyelenggara negara yang belum maksimal dalam memberikan kebutuhan Guiding Block dan ramp untuk disabilitas dikarenakan terbatasnya anggaran, komunikasi internal dan luar Dinas Bina Marga DKI Jakarta yang kurang maksimal. Dan dari masyarakat yang kurang kesadaran menggunakan pedestrian trotoar untuk kepentingan pribadi baik itu parkir maupun pedagang kaki lima atau PKL.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemenuhan hak disabilitas: aksesibilitas jalan di Jakarta timur. Penelitian ini Dilatar belakangi oleh penyandang disabilitas yang mengalami kesulitan dalam mobilitas aktivitasnya pada pedestrian trotoar yang masih belum merata secara kebutuhan aksesibilitas. Penelitian ini menggunakan dua kerangka teori yaitu teori Indikator Aksesibilitas dari Black dan Teori Kewajiban Negara dari Marzuki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini bahwa dalam kebutuhan mobilitas penyandang disabilitas pada pedestrian trotoar dengan menggunakan Guiding Block dan ramp masih belum sepenuhnya merata dan secara indikator aksesibilitas meliputi kemudahan, kegunaan,kemandirian, dan keselamatan kurang memadai bagi penyandang disabilitas. Kewajiban negara yang dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta sebagai penyelenggara negara yang belum maksimal dalam memberikan kebutuhan Guiding Block dan ramp untuk disabilitas dikarenakan terbatasnya anggaran, komunikasi internal dan luar Dinas Bina Marga DKI Jakarta yang kurang maksimal. Dan dari masyarakat yang kurang kesadaran menggunakan pedestrian trotoar untuk kepentingan pribadi baik itu parkir maupun pedagang kaki lima atau PKL.
Uncontrolled Keywords: Persons with Disabilities, Accessibility, State Obligations. Penyandang Disabilitas, Aksesibilitas, Kewajiban Negara.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 65201-Program Studi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: agus suratman ilmu pemerintahan
Date Deposited: 28 Feb 2025 02:22
Last Modified: 28 Feb 2025 02:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/47234

Actions (login required)

View Item View Item