Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PELANGGARAN MAKSIM KESANTUNAN ROBIN LAKOFF DALAM MATA NAJWA EPISODE ANAK JOKOWI 24 FEBRUARI 2016 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

ULUM, MIFTAHUL (2017) PELANGGARAN MAKSIM KESANTUNAN ROBIN LAKOFF DALAM MATA NAJWA EPISODE ANAK JOKOWI 24 FEBRUARI 2016 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PELANGGARAN MAKSIM KESANTUNAN ROBIN LAKOFF DALAM MATA NAJWA EPISODE ANAK JOKOWI 24 FEBRUARI 2016 .PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini, untuk: Mendeskripsikan jenis pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA dengan memanfaatkan hasil analisis. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu: (a) apa sajakah jenis pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016? (b) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di SMA yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis?. Metode dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian, yakni untuk mendeskripsikan pelanggaran maksim kesantunan Robon Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian ini, ada dua teknik yang dignakan yaitu teknik simak dan teknik catat. Untuk mempermudah penelitian, penulis menggunakan teknik analisis padan pragmatik dengan langkah ditentukan identitasnya berdasarkan alat penentu sebagai standar pembaku, berdasarkan kesepadanan, keselarasan, kesesuaian, dan kesamaannya. Dari hasil analisis peneliti menemukan pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff. Peneliti mengkaitkan pembelajaran berbicara di SMA Kelas X Semester 2, dengan kode Standar Kompetensi 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber dan Kompetensi Dasar dengan kode 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMuhyidin, AsepUNSPECIFIED
Thesis advisorTustiantina, DianaUNSPECIFIED
Additional Information: Tujuan dalam penelitian ini, untuk: Mendeskripsikan jenis pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di SMA dengan memanfaatkan hasil analisis. Adapun pertanyaan penelitian ini yaitu: (a) apa sajakah jenis pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016? (b) bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbicara di SMA yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis?. Metode dalam penelitian ini metode deskriptif digunakan karena sesuai dengan tujuan penelitian, yakni untuk mendeskripsikan pelanggaran maksim kesantunan Robon Lakoff dalam Mata Najwa episode Anak Jokowi 24 Februari 2016. Untuk memperoleh data yang berkaitan dengan penelitian ini, ada dua teknik yang dignakan yaitu teknik simak dan teknik catat. Untuk mempermudah penelitian, penulis menggunakan teknik analisis padan pragmatik dengan langkah ditentukan identitasnya berdasarkan alat penentu sebagai standar pembaku, berdasarkan kesepadanan, keselarasan, kesesuaian, dan kesamaannya. Dari hasil analisis peneliti menemukan pelanggaran maksim kesantunan Robin Lakoff. Peneliti mengkaitkan pembelajaran berbicara di SMA Kelas X Semester 2, dengan kode Standar Kompetensi 10. Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber dan Kompetensi Dasar dengan kode 10.1 Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:35
Last Modified: 09 Nov 2021 14:35
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4719

Actions (login required)

View Item View Item