Nurlaisan, Ega Nurlaisan (2018) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 5 SOBANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PPKN TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 5 SOBANG.PDF Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
The purpose of this research is to find out wheter there is influence between pedagogic competence of teachers PPKn against the interest of student learning on subjects PPKn. This research was carried out at SMP Negeri 5 Sobang, village Sindanglaya, subdistrict Sobang, district Lebak, Banten in april until june 2018. The population in this study are all grade VII at SMP Negeri 5 Sobang totaling 85 students. The sample in this research totaled 85 student. In the research approach used in this study was the quantitative approach. The methods use in this study is method correlation with regression analysis technique. Where this technique is used to find influence and prove the hypothesis of influence between two or more variables. Collection undertaken by way of the spread to the now. The conclusions obtained from the results of this research is based on analysis results by using the product moment (rxy) obtained results r = 0,493, his accomplishment was the inter between variable X (Pedagogic competence of teachers PPKn) with variable Y (The learning interest of students on subjects PPKn) at SMP Negeri 5 Sobang, district Lebak there is a fairly strong influence. By using the coefisien Determinasi (CD), means that the influence of teacher pedagogical competence (X variable) with student learning (Y variable ) that is of interest23,4%. While the rest 75,7% is influence by other factors.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara kompetensi pedagogik guru PPKn terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Sobang, Desa Sindanglaya, Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Banten pada bulan April sampai dengan Juni 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negari 5 Sobang yang berjumlah 85 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode korelasi dengan teknik analisis regresi, di mana teknik ini digunakan untuk mencari pengaruh dan membuktikan hipotesis pengaruh antara dua variabel atau lebih. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara penyebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan product moment (rxy) diperoleh hasil r = 0,493, yang interprestasinya adalah antara variabel X (Kompetensi Pedagogik Guru) dengan variabel Y (Minat Belajar Siswa) di SMP SMP Negeri 5 Sobang, Kabupaten Lebak terdapat pengaruh yang cukup kuat. Dengan menggunakan Coefisien Determinasi (CD), ini berarti bahwa Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru (variabel X ) dengan Minat Belajar Siswa (variabel Y) yaitu sebesar 24,3%. Sedangkan sisanya 75,7% dipengaruhi oleh faktor lain. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 09 Nov 2021 14:43 | |||||||||
Last Modified: | 09 Nov 2021 14:43 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4714 |
Actions (login required)
View Item |