Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B UNTUK MENGIKUTI WAJAR DIKDAS 9 TAHUN DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG

HIKMAWATIN, HIKMAWATIN (2017) MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B UNTUK MENGIKUTI WAJAR DIKDAS 9 TAHUN DI PKBM AL-FIRDAUS KABUPATEN SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET B UNTUK MENGIKUTI WAJAR DIKDAS 9 TAHUN DI PKBM AL-FIRDAUS KA.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini secara khusus membahas tentang; (1) Bagaimana gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al-Firdaus ? (2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus ? (3) Upaya-upaya apakah yang dilakukan oleh tutor untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Ingin menegtahui gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al-Firdaus. (2) Ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B dalam mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus. (3) Ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, adapun kuantitatif digunakan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al- Firdaus dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus karena data diperoleh menggunakan angket sedangkan kualitatif digunakan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus karena data diperoleh menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar warga belajar kesetaraan paket B cukup baik, karena adanya motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik warga belajar yang baik pula. Sehingga semua warga belajar kesetraan paket B dapat senang terhadap kegiatan pembelajaran, adanya kesadaran dari dalam diri warga belajar akan pentingnya pendidikan selain itu juga warga belajar bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh tutor. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus dapat meningkat yaitu karena adanya cita-cita atau aspirasi yang tinggi dari warga belajar, kondisi jasmani, kondisi lingkungan kelas dan bagaimana upaya tutor dalam membelajarkan warga belajar. Upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus dapat meningkat yaitu dengan cara membangkitkan dorongan belajar kepada warga belajar dalam kegiatan pembelajaran, menciptakan kompetisi, memberi latihan berupa ulangan harian, memberi reward atau hadiah berupa pujian, membantu warga belajar yang mengalami kesulitan dalam belajar dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Thesis advisorSholih, SholihUNSPECIFIED
Additional Information: Masalah dalam penelitian ini secara khusus membahas tentang; (1) Bagaimana gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al-Firdaus ? (2) Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus ? (3) Upaya-upaya apakah yang dilakukan oleh tutor untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah; (1) Ingin menegtahui gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al-Firdaus. (2) Ingin mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B dalam mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus. (3) Ingin mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif, adapun kuantitatif digunakan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar warga belajar paket B di PKBM Al- Firdaus dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus karena data diperoleh menggunakan angket sedangkan kualitatif digunakan untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor untuk meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus karena data diperoleh menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar warga belajar kesetaraan paket B cukup baik, karena adanya motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik warga belajar yang baik pula. Sehingga semua warga belajar kesetraan paket B dapat senang terhadap kegiatan pembelajaran, adanya kesadaran dari dalam diri warga belajar akan pentingnya pendidikan selain itu juga warga belajar bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh tutor. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar warga belajar paket B untuk mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus dapat meningkat yaitu karena adanya cita-cita atau aspirasi yang tinggi dari warga belajar, kondisi jasmani, kondisi lingkungan kelas dan bagaimana upaya tutor dalam membelajarkan warga belajar. Upaya-upaya yang dilakukan oleh tutor dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar paket B sehingga mampu mengikuti wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun di PKBM Al-Firdaus dapat meningkat yaitu dengan cara membangkitkan dorongan belajar kepada warga belajar dalam kegiatan pembelajaran, menciptakan kompetisi, memberi latihan berupa ulangan harian, memberi reward atau hadiah berupa pujian, membantu warga belajar yang mengalami kesulitan dalam belajar dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:21
Last Modified: 09 Nov 2021 14:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4705

Actions (login required)

View Item View Item