Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD TEMA KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS HASIL RISET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII

BAYU PRASETYO, TEGAR (2025) PENGARUH PENGGUNAAN E-LKPD TEMA KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS HASIL RISET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KONSERVASI SISWA SMP KELAS VII. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)
[img] Text (SKRIPSI BAB I)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (SKRIPSI BAB II)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text (SKRIPSI BAB III)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (SKRIPSI BAB IV)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (SKRIPSI BAB V)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)
[img] Text (SKRIPSI REFERENSI)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_REFF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (SKRIPSI LAMPIRAN)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (SKRIPSI CP)
TEGAR BAYU PRASETYO_2281200045_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Low conservation literacy is a major problem currently faced, one of the causes of which is an inappropriate learning system. Therefore, contextualized teaching materials are needed to solve this problem. The purpose of this study is to describe whether or not there is an effect of using e-LKPD based on research results on the topic of biodiversity on students conservation literacy skills, cognitive, affective and psychomotor aspects. This study uses a type of quantitative research with the method used is quasi-experimental with nonequivalent control group design. The sample in this study was taken using the slovin method. The data analysis technique used was T-test. In the research, the experimental class used e-LKPD and the control class used LKPD developed by the subject teacher. The results showed that: (1) there is a significant effect on conservation literacy of cognitive indicators (Sig. 0.000), (2) there is a significant effect on conservation literacy of affective indicators (Sig. 0.000), (3) there is a significant effect on conservation literacy of psychomotor indicators (Sig. 0.000). The conclusion of this study is that there is an effect of e-LKPD based on biodiversity research results on students conservation literacy skills.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMUKTI LEKSONO, SUROSO197202262005011002
Thesis advisorKURNIASIH, SEPTI199309102020122026
Additional Information: Rendahnya kemampuan literasi konservasi merupakan masalah utama yang saat ini di hadapi, salah satunya disebabkan oleh sistem pembelajaran yang tidak sesuai. Sehingga dibutuhkan bahan ajar yang bersifat kontekstual untuk memecahkan permasalahan ini. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan terdapat atau tidaknya pengaruh penggunaan e-LKPD berbasis hasil riset tema keanekaragaman hayati terhadap kemampuan literasi konservasi siswa, aspek kognitif,afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini diambil dengan menggunakan metode slovin. Teknik analisis data menggunakan uji T. Pada penelitian kelas eksperimen menggunakan e-LKPD dan kelas kontrol menggunakan LKPD yang dikembangkan oleh guru mapel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan pada kemampuan literasi konservasi indikator kognitif (Sig. 0,000), (2) terdapat pengaruh signifikan pada kemampuan literasi konservasi indikator afektif (Sig. 0,000), (3) terdapat pengaruh signifikan pada kemampuan literasi konservasi indikator psikomotorik (Sig. 0,000). Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini terdapat pengaruh e-LKPD berbasis hasil riset tema keanekaragam hayati terhadap kemampuan literasi konservasi siswa.
Uncontrolled Keywords: e-LKPD, research-based; conservation literacy; biodiversity e-LKPD, berbasis hasil riset, literasi konservasi, keanekaragaman hayati
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84201-Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Tegar Bayu Prasetyo
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:07
Last Modified: 27 Feb 2025 02:07
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/46986

Actions (login required)

View Item View Item