Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH GERAKAN PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM KHALIFAH KOTA SERANG

Hasanah, Kholilatun (2018) PENGARUH GERAKAN PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM KHALIFAH KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH GERAKAN PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH DASAR ISLAM KHALIFAH KOTA SERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

The purpose of this research is to know the relation of Scout toward disciplines at fifth grade 2017/2018 year of education. The method that used in this research is quantitative descriptive analysis with correlational technique and the data is taken by using random sampling. The data collection technique is done by using observation. Based on the interpretation of value of correlation coefficient can be inference that scout and fifth grade student of Elementary School of Islam Khalifah discipline have strong level of correlation when the tcount is 7,48 which is between a distance of 0,60 with 0,799 which is categorized. The numbers showed that the value of the correlation is positive and significant. The determination of Coefficient showed that scout has contribution about 75.69% to the discipline. The test result of significant correlation and significant level α = 0,05 got tcount is 7,48, when the ttabel is 1,734 with α = 0,05. It is mean that the value of tcount is bigger than ttabel or 7,48 > 1,734. It can be inference that toward the positive relationship between scout and student discipline is categorized strong and this case showed significant correlation value.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, UjangUNSPECIFIED
Thesis advisorAndriana, EncepUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gerakan pramuka terhadap kedisiplinan pada di kelas IV tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi. Berdasarkan interpretasi nilai koefisien korelasi dapat disimpulkan bahwa gerakan pramuka dengan kedisiplinan siswa kelas IV SDI Khalifah mempunyai tingkat korelasi yang kuat dimana thitung adalah 7,48 berarti berada pada rentang 0,60 sampai dengan 0,799 yang dikategorikan. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif dan signifikan. Koefisien Determinasi menunjukkan bahwa gerakan pramuka memiliki sumbangan sebesar 75.69% terhadap kedisiplinan. Hasil uji signifikansi korelasi pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung yaitu 7,48, sedangkan ttabel adalah 1,734 dengan α = 0,05. Artinya bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 7,48 > 1,734. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara gerakan pramuka dengan kedisiplinan siswa dikategorikan kuat dan hal ini menunjukkan nilai korelasi signifikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 14:05
Last Modified: 09 Nov 2021 14:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4692

Actions (login required)

View Item View Item