Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS SALURAN PEMASARAN GABAH (Studi Kasus Di Desa Sukajaya, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang)

ZUFAR ADIYA, MUHAMMAD (2025) ANALISIS SALURAN PEMASARAN GABAH (Studi Kasus Di Desa Sukajaya, Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
Muhammad Zufar Adiya_4441200063_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

The purpose of this study is to analyze grain marketing, marketing institutions and the form of grain marketing networks in Sukajaya Village, Pontang District, Serang Regency. The method used in this study uses a quantitative descriptive method. The method used to determine respondents used a random sampling technique, namely 36 producers, marketing institutions were known through the snowball sampling method. The results of this study explain that, 1) There is one grain marketing network, namely: Producers – Collectors – Mills. 2) The functions performed by marketing institutions are exchange, risk insurance and market information. 3) In Marketing network one is said to be efficient with an efficiency level of 4%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUHERNA, SUHERNA196908192002121001
Thesis advisorSULAENI, SULAENI196901312001121001
Additional Information: Desa Sukajaya yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani ini merupakan wilayah penghasil padi tertinggi. Sebagai upaya menciptakan produk ekonomis diperlukan kesinambungan antar lembaga pemasaran, dibutuhkan suatu sistem yang tepat sebagai penunjang pemasaran gabah, pemasaran yang diterapkan perlu efisien supaya menghasilkan keuntungan bagi petani. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk saluran pemasaran gabah, menghitung efisiensi dari proses pemasaran gabah, dan fungsi apa saja yang dilakukan lembaga pemasaran gabah di Desa Sukajaya. Lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive). Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan alat analisis berupa Microsoft excel. Untuk produsen ditentukan menggunakan metode random sampling dengan mengambil sebanyak 36 orang. Untuk lembaga pemasaran menggunakan metode sampel bola salju (snowball sampling). Hasil penelitian menunjukkan 1) Terdapat satu saluran pemasaran gabah yaitu : Produsen – Pedagang Pengumpul – Penggilingan. 2) Fungsi-fungsi yang dilakukan lembaga pemasaran yaitu, fungsi pertukaran, penanggungan risiko dan informasi pasar. 3) Biaya pemasaran pada saluran I sebesar Rp.265,00,- per kg, margin pemasaran pada saluran I sebesar Rp.1.500,- per kg, keuntungan yang didapat pedagang pengumpul pada saluran pemasaran I sebesar Rp.1.360,- per kg. 4) Pada Saluran pemasaran satu dikatakan efisien dengan tingkat efisiensi sebesar 4%. 5) Efisiensi ekonomis dari saluran satu adalah sebesar Rp.5,13 dan efisiensi teknis sebesar Rp.26,5.
Uncontrolled Keywords: Grain, Marketing network analysis.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis
Depositing User: Muhammad Zufar Adiya
Date Deposited: 18 Mar 2025 03:25
Last Modified: 18 Mar 2025 03:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/46885

Actions (login required)

View Item View Item