Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 PANDEGLANG

ELSA PEBRIYANI, NENG (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL BRAINSTORMING (CURAH PENDAPAT) DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 15 PANDEGLANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Based on the results of interviews with Indonesian Language teachers at SMA Negeri 15 Pandeglang, most students have difficulty in learning to write short stories. Learning to write a short story is considered a hard learning. This causes the value of writing short stories of students is very low. One of the factors that cause the low ability of writing short stories, students use the learning model less attractive. Therefore, to cope with it, the researchers using the model and the Brainstorming model and the Example Non Example model towards short story writing skills. The purpose of this study to know the influence of both models towards the outcomes of short story writing in the tenth grade of SMA Negeri 15 Pandeglang year 2018/2019. This study used experiment method with Pretest-Posttest design research Control Group Design. This study uses two classes, namely, experiments class and control class. The technique of the data collection conducted in this study that is observation and tests. Based on the hypothesis test has been carried out, the use of Brainstorming model and Example Non Example model effect on the results of the short story writing at the tenth grade of SMA Negeri 15 Pandeglang year 2018/2019. Then do the post test on experimental class and control. The result of post test in experimental class was 4.8621 and control class was 1.6706. Thus, more than (4.8621 > 1.6706) Then the received and rejected. It means, there was a significant difference between the brainstorming model and Example Non Example model effect on the results of the writing short story of SMA Negeri 15 Pandeglang year 2018/2019. the ability of students' Short story writing skill of experiments class used brainstorming model is the superior ability to write a short stories of control class used Example Non Example model. This is due more to Brainstorm a model student thinking after seeing video footage provided by the teacher, since its coverage is broader than the video with a model example of non example just glued on the picture.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, EdiwarmanUNSPECIFIED
Thesis advisorFirmansyah, DodiUNSPECIFIED
Additional Information: Berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 15 Pandeglang, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis cerpen. Pembelajaran menulis cerpen dianggap sebagai pembelajaran yang sulit. Hal ini menyebabkan nilai menulis cerpen siswa sangat rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemapmuan menulis cerpen siswa yaitu, penggunaan model pembelajaran yang kurang menarik. Oleh sebab itu, untuk mengatasinya peneliti menggunakan model Brainstorming dan model Example Non Example terhadap keterampilan menulis cerpen. Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui pengaruh kedua model tersebut terhadap hasil menulis cerpen siswa kelas X1 SMA Negeri 15 Pandeglang tahun ajaran 2018/ 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu, observasi dan tes. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan, penggunaan model Brainstorming dan model Example Non Example berpengaruh terhadap hasil menulis cerpen siswa SMA Negeri 15 Pandeglang tahun ajaran 2018/ 2019. Kemudian dilakukan uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji data posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat sebesar 4,8621 dan sebesar 1,6706. Dengan demikian, lebih besar dari (4,8621 > 1,6706) maka diterima dan ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model Brainstorming dan model Example Non Example berpengaruh terhadap hasil menulis cerpen siswa SMA Negeri 15 Pandeglang tahun ajaran 2018/ 2019. Kemampuan menulis cerpen siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model Brainstorming lebih unggul dari pada kemampuan menulis cerpen siswa kelas kontrol dengan menggunakan model Example Non Example. Hal ini dikarenakan model Brainstorming lebih kepada pemikiran siswa setelah melihat tayangan video yang disediakan oleh guru, karena cakupannya lebih luas vide tersebut dibandingkan dengan model example non example hanya terpaku pada gambar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 13:39
Last Modified: 09 Nov 2021 13:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4681

Actions (login required)

View Item View Item