Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN VIRTUAL PHYSICS LABORATORY (VPL) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI

PRIHATININGSIH, OKTA (2018) PENERAPAN VIRTUAL PHYSICS LABORATORY (VPL) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN VIRTUAL PHYSICS LABORATORY (VPL) PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK KONSTRUKSI KONSEPSI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Virtual Physics Laboratory (VPL) is one of the flagship products are the results of the advancement of information technology and the laboratory. The application of Virtual Physics Laboratory can be used as an alternative replacement to eliminate the limitations of laboratory devices. The ohm's law is basic material that need to be understood by the learners, and physics is one of the lessons that are considered elusive by learners. In learning physics needed an explanation at the level of visualization in order to establish the concept of learners. For that, used as a model of inquiry learning model of learning that can establish the concept of students. This research aims to know the extent to which the virtual lab-based learning can build concept in ohm's law by using material model learning of inquiry. Virtual lab-based learning is done with ohm's law teaching module work undertaken by using the help of a software based website. Research methods used in this study i.e. Pre-Experimental Designs (Nondesigns) with the design of One-Group Pretest-Posttest--Design. His research subject is students of class XII MIA 6 SMAN 1 Tangerang Regency. Research data obtained through tests of pretest-posttest on ohm's law. The tests used a multiple choice question as many as 25. Increased mastery of the concepts known from the nilal N-signifikansi gains nearly determined using two different test average score pretest and postest. The results showed that the achievement of a final increase in building the concept of students experience increment that is being acquired with index n-gain of 0.37.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, AndriUNSPECIFIED
Thesis advisorCatur Wibowo, FirmanulUNSPECIFIED
Additional Information: Virtual Physics Laboratory (VPL) merupakan salah satu produk unggulan hasil kemajuan teknologi informasi dan laboratorium. Penerapan Virtual Physics Laboratory dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti untuk mengeliminasi keterbatasan perangkat laboratorium. Materi hukum ohm merupakan materi dasar yang perlu dipahami oleh peserta didik, dan saat ini ilmu fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sukar dipahami oleh peserta didik. Dalam pembelajaran fisika diperlukan penjelasan pada tingkat visualisasi guna membangun konsep peserta didik. Untuk itu, digunakan model pembelajaran inquiry sebagai model pembelajaran yang dapat membangun konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran berbasis virtual lab dapat membangun konsep dalam materi hukum ohm dengan menggunakan model pembelajaran inquiry. Pembelajaran berbasis virtual lab dilakukan dengan pengerjaan modul praktikum hukum ohm yang dikerjakan dengan menggunakan bantuan software berbasis website. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental Designs (Nondesigns) dengan desain One-Group-Pretest-Posttest-Design. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII MIA 6 SMAN 1 Kabupaten Tangerang. Data penelitian diperoleh melalui tes pretest-posttest pada materi hukum ohm. Tes yang digunakan berjenis pilihan berganda sebanyak 25 soal. Peningkatan penguasaan konsep diketahui dari nilal N-Gain yang signifikansi peningkatannya ditentukan dengan menggunakan uji beda dua rerata skor pretes dan postes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian akhir peningkatan dalam membangun konsep siswa mengalami kenaikkan yang sedang dengan diperolehnya indeks n-gain sebesar 0,37.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 13:34
Last Modified: 09 Nov 2021 13:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4680

Actions (login required)

View Item View Item