Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN MODEL PICTORIAL RIDDLE PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

ADITIA, MUHAMMAD (2018) PENERAPAN MODEL PICTORIAL RIDDLE PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
PENERAPAN MODEL PICTORIAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Critical thinking ability has influence for the continuity of learning process toward students’ thinking on effort and energy. But on pre study (observation) result showed that students’ critical thinking ability still weak. The weak of students’ critical thinking ability was caused by the learning process that held in the class. That was the reason that made the researcher interested to rise up the problem. One of the alternatives that used was applying the pictorial riddle model. This research had aim to know the increasing of students’ critical thinking ability. The kind of research that used in this research was quantitative research that completed by the description. The description itself was the way of showing the teacher’s observation research from the students. The population in this research was grade X students at SMK Pasundan 1 Kota Serang. In this research took two classes as the sample. One class for experiment class was grade X MM and the other class as control class was grade X TKJ. The instrument that used in this research was the worksheet of critical thinking and observation. The effectiveness of the pictorial riddle model in the experimental class on the indicators of each question has a different percentage of thinking. (1) give the simple basic explanation 93,87% (high), (2) formulate the answers 87,76% (high), (3) draw the conclusion based on the fact 88,78% (high), (4) the ability of giving the reasons 87,76% (high). The result of research showed that the score of N-Gain in experiment class obtained on average 0.6 meanwhile the score of N-Gain in control class obtained on average 0,25. This result showed that the application of pictorial riddle was better than the usual learning process.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRuhiyat, YayatUNSPECIFIED
Thesis advisorCatur Wibowo, FirmanulUNSPECIFIED
Additional Information: Kemampuan berpikir kritis mempunyai pengaruh bagi kelangsungan pembelajaran terhadap pemikiran siswa pada materi usaha dan energi. Namun dalam studi pendahuluan (observasi) hasil studi pendahuluan menunjukan kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah (kurang). Lemahnya kemampuan berpikri kritis siswa dapat disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan. Hal itulah yang membuat peneliti tertarik untuk mengangkat permasalahan tersebut. Salah satu alternatif yang digunakan yaitu menerapkan model pembelajaran Pictorial Riddle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dilengkapi dengan deskripsi. Deskripsi yaitu cara untuk memaparkan hasil dari observasi guru dan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Pasundan 1 Kota Serang. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak dua kelas. Satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X MM dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol yaitu kelas X TKJ. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis dan observasi. Keefektifan model pictorial riddle pada kelas eksperimen terhadap indikator tiap soal memiliki persentase berpikir yang berbeda (1) Memberikan penjelasan dasar sederhana 93,87% (tinggi), (2) Merumuskan jawaban 87,76% (tinggi), (3) Menarik kesimpulan sesuai fakta 88,78% (tinggi), (5) Kemampuan memberikan alasan 87,76% (tinggi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai N-Gain kelas eksperimen didapat rata-rata kelasnya 0,6 sedangkan nilai N-Gain kelas kontrol rata-rata kelasnya 0,25. Hal ini menunjukan bahwa penerapan Pictorial Riddle lebih baik dari pada pembelajaran biasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84203-Jurusan Pendidikan Fisika
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 11:51
Last Modified: 09 Nov 2021 11:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4668

Actions (login required)

View Item View Item