Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MANAJEMEN PELATIHAN HANTARAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP WARGA BELAJAR DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DILLA KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG

Herlinda, Siti (2017) MANAJEMEN PELATIHAN HANTARAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP WARGA BELAJAR DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN DILLA KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MANAJEMEN PELATIHAN HANTARAN DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP WARGA BELAJAR DI LEMBAGA KURSUS D.PDF
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang manajamen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar dengan mengambil penelitian di LKP Dilla serang. Penelitian ini secara khusus mengkaji masalah (1) bagaimana manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktaan Kota Serang .Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang (2) untuk mengtahui bagaimana hasil pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang (3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dimana data yang diperoleh dari hasil observasi,wawancara, studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu pengelola LKP, instruktur, dan empat warga belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelatihan sudah berjalan dengan baik, dilihat dari perencanaan ,pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi. Hasil pelatihan warga belajar dilihat dari tiga aspek yang mengacu ke SKL hantaran serta berkenaan dengan kecakapan hidup yaitu, kecakapan personal : saling membantu, kecakapan sosial : kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat, kecakapan akademik : memahami dan memadukan, cara memnbuat tanda panitia, selain itu mampu membuat dan mendekorasi isi dari barang hantaran, kecakapan vokasional : mempunyai keterampilan hantaran. Faktor yang mendukung manajemen pelatihan yaitu : manajerial yang baik, adanya kemauan dan motivasi, sarana dan prasana yang memadai, cara mengajar instruktur yang baik, respon baik warga belajar saat penyampaian materi, serta lingkungan yang bersih. adanya perbedaan kemauan dan motivasi dari setiap warga belajar, cara mengajar instruktur serta respon warga belajar saat penyampaian materi ada saja warga belajar yang tidak mendengarkan, mengobrol ataupun main HP, Jarak antara tempat pelatihan dengan rumah tutor dan sebagian warga belajar yang jauh, kondisi ruang kelas yang berada disamping jalan raya mengakibatkan sering terdengar suara bising.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHidayat, SholehUNSPECIFIED
Thesis advisorDjumena, IrwanUNSPECIFIED
Additional Information: Masalah dalam penelitian ini adalah tentang manajamen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar dengan mengambil penelitian di LKP Dilla serang. Penelitian ini secara khusus mengkaji masalah (1) bagaimana manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktaan Kota Serang .Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang (2) untuk mengtahui bagaimana hasil pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang (3) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen pelatihan hantaran dalam meningkatkan kecakapan hidup warga belajar di LKP Dilla Kec.Taktakan Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripstif dimana data yang diperoleh dari hasil observasi,wawancara, studi dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu pengelola LKP, instruktur, dan empat warga belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pelatihan sudah berjalan dengan baik, dilihat dari perencanaan ,pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi. Hasil pelatihan warga belajar dilihat dari tiga aspek yang mengacu ke SKL hantaran serta berkenaan dengan kecakapan hidup yaitu, kecakapan personal : saling membantu, kecakapan sosial : kemampuan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan teman sejawat, kecakapan akademik : memahami dan memadukan, cara memnbuat tanda panitia, selain itu mampu membuat dan mendekorasi isi dari barang hantaran, kecakapan vokasional : mempunyai keterampilan hantaran. Faktor yang mendukung manajemen pelatihan yaitu : manajerial yang baik, adanya kemauan dan motivasi, sarana dan prasana yang memadai, cara mengajar instruktur yang baik, respon baik warga belajar saat penyampaian materi, serta lingkungan yang bersih. adanya perbedaan kemauan dan motivasi dari setiap warga belajar, cara mengajar instruktur serta respon warga belajar saat penyampaian materi ada saja warga belajar yang tidak mendengarkan, mengobrol ataupun main HP, Jarak antara tempat pelatihan dengan rumah tutor dan sebagian warga belajar yang jauh, kondisi ruang kelas yang berada disamping jalan raya mengakibatkan sering terdengar suara bising.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 09 Nov 2021 10:39
Last Modified: 09 Nov 2021 10:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4647

Actions (login required)

View Item View Item