FAISHAL, ACHMAD (2024) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN KEBUTUHAN FASILITAS PENYEBERANGAN DI KAWASAN PT NIKOMAS GEMILANG. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_01.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_02.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_03.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_04.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_05.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Achmad Faishal_3336200060_06.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
![]() |
Text
Achmad_Faishal_3336200060_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
Abstract
Kawasan PT Nikomas Gemilang merupakan kawasan yang padat aktivitas. Selain karena daerah tersebut termasuk kawasan industri yang padat lalu lintas, lokasi terdapat aktivitas pasar yang padat pejalan kaki menyeberangi ruas jalan dan menjadikan lalu lintas terganggu. Penelitian ini membahas tentang kinerja dari suatu jalan dalam memberikan pelayanan terhadap arus lalu lintas yang terjadi pada jalan, menganalisa permasalahan yang menghambat lalu lintas pada suatu ruas jalan, dan mencari solusi dari penghambat lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan / LOS (Level Of Service) dan jenis kebutuhan fasilitas penyeberangan. Penelitian menggunakan standar acuan PKJI 2023 dan Pedoman Bina Marga Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) No: 02/SE/M/2018. Hasil dari penelitian ini didapatkan kinerja ruas pada Jalan Raya Serang, depan kawasan PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin didapatkan nilai derajat kejenuhan pada Sisi A adalah 0,70, dan pada Sisi B adalah 0,69 dengan tingkat pelayanan (LOS) adalah C, maka dilakukan perkiraan kinerja jalan di tahun yang akan datang. Didapatkan kelayakan kinerja jalan yaitu untuk 2 tahun yang akan datang (2026) dengan perkiraan nilai derajat kejenuhan pada kedua sisi jalan yaitu 0,82 (mendekati kritis). Kemudian didapatkan kebutuhan jenis fasilitas penyeberangan pada Jalan Raya Serang tersebut dengan tipe jalan 4/2-TT dan nilai P adalah 596 orang/jam, V adalah 9554 kendaraan/jam, dan PV^2 adalah 5,44×10^10, maka didapatkan kesimpulan berupa jenis kebutuhan fasilitas penyeberangan berupa pelican cross.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Kawasan PT Nikomas Gemilang merupakan kawasan yang padat aktivitas. Selain karena daerah tersebut termasuk kawasan industri yang padat lalu lintas, lokasi terdapat aktivitas pasar yang padat pejalan kaki menyeberangi ruas jalan dan menjadikan lalu lintas terganggu. Penelitian ini membahas tentang kinerja dari suatu jalan dalam memberikan pelayanan terhadap arus lalu lintas yang terjadi pada jalan, menganalisa permasalahan yang menghambat lalu lintas pada suatu ruas jalan, dan mencari solusi dari penghambat lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan jalan / LOS (Level Of Service) dan jenis kebutuhan fasilitas penyeberangan. Penelitian menggunakan standar acuan PKJI 2023 dan Pedoman Bina Marga Peraturan Menteri Pekerjaan Umum (Permen PU) No: 02/SE/M/2018. Hasil dari penelitian ini didapatkan kinerja ruas pada Jalan Raya Serang, depan kawasan PT Nikomas Gemilang, Kecamatan Kibin didapatkan nilai derajat kejenuhan pada Sisi A adalah 0,70, dan pada Sisi B adalah 0,69 dengan tingkat pelayanan (LOS) adalah C, maka dilakukan perkiraan kinerja jalan di tahun yang akan datang. Didapatkan kelayakan kinerja jalan yaitu untuk 2 tahun yang akan datang (2026) dengan perkiraan nilai derajat kejenuhan pada kedua sisi jalan yaitu 0,82 (mendekati kritis). Kemudian didapatkan kebutuhan jenis fasilitas penyeberangan pada Jalan Raya Serang tersebut dengan tipe jalan 4/2-TT dan nilai P adalah 596 orang/jam, V adalah 9554 kendaraan/jam, dan PV^2 adalah 5,44×10^10, maka didapatkan kesimpulan berupa jenis kebutuhan fasilitas penyeberangan berupa pelican cross. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
|||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil |
|||||||||
Depositing User: | Mr Achmad Faishal | |||||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2025 02:14 | |||||||||
Last Modified: | 17 Feb 2025 02:14 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/46215 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |