Hidayah, Deliza (2025) Strategi Pemasaran Agrowisata Waru Farm Land di Desa Tegal Waru Kabupaten Bogor Jawa Barat. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text (SKRIPSI)
Deliza Hidayah_4441200125_ Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_01.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_03.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_04.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_05.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_ Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Deliza Hidayah_4441200125_02.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
Abstract
Agrowisata Waru Farm Land is a tourist destination that combines the concept of tourism, education, and tourist activities, providing a different experience compared to other tourism. This research aims to analyze the internal and external factors influencing the marketing of Agrowisata Waru Farm Land in Tegal Waru Village, Bogor Regency, and to formulate effective marketing strategies and priorities to increase the number of visitors. Data was analyzed using the IFE, EFE, SWOT and QSPM matrices. The IFE and EFE analyses identified 8 strengths, 6 weaknesses, 5 opportunities, and 4 threats for Agrowisata Waru Farm Land. The IFE and EFE scores, at 3.263 and 3.294 respectively, position the destination in the Grow and Build category. Based on the results of the SWOT matrix analysis, it produces 10 alternative strategies that can be implemented by Waru Farm Land Agrotourism. The main strategy prioritized is promoting consistency on social media with educational content, utilizing tourism and technology trends, with a STAS score of 5.213. This strategy is expected to increase tourist visits and strengthen the competitiveness of agrotourism in a sustainable manner.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Sektor pariwisata sangat diminati oleh masyarakat khususnya Agrowisata. Agrowisata Waru Farm Land adalah destinasi wisata yang menggabungkan konsep pariwisata, edukasi dan aktivitas wisata yang dapat memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata lainnya. Agrowisata Waru Farm Land berpotensi untuk berkembang menjadi destinasi unggulan di Kab. Bogor. Namun, Agrowisata memiliki permasalahan internal dan eksternal seperti banyaknya persaingan yang ketat, promosi yang belum maksimal dan tidak menentunya jumlah pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang memengaruhi Agrowisata Waru Farm Land serta merumuskan strategi pemasaran dan prioritas strategi yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan accindental sampling. Alat analisis yang digunakan meliputi Matriks IFE, EFE, SWOT dan QSPM untuk mengatahui strategi yang tepat dan menentukan prioritas strategi. Hasil penelitian matriks IFE dan EFE menunjukan bahwa Agrowisata Waru Farm Land memiliki 8 kekuatan, 6 kelemahan, 5 peluang dan 4 ancaman. Hasil matriks IFE diperoleh skor sebesar 3.263 dan matriks EFE diperoleh sebesar 3.294. Pada hasil matriks IE, Agrowisata Waru Farm land berada pada posisi sel I yaitu tumbuh dan bangun (Grow and Build). Strategi yang cocok yaitu strategi intensif pasar. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menghasilkan 10 alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Agrowisata Waru Farm Land. Berdasarkan analisis QSPM, prioritas utama strategi pemasaran Agrowisata Waru Farm Land yaitu melakukan promosi di sosial media secara konsisten dengan fokus konten edukatif yang memanfaatkan tren wisata dan kemajuan teknologi dengan skor STAS (Sun Total Attractiveness Score) sebesar 5.213. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Marketing Strategy, Agrotourism, SWOT Matrix, QSPM Matrix, Waru Farm Land, Bogor Regency | |||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | |||||||||
Divisions: | 04-Fakultas Pertanian 04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis |
|||||||||
Depositing User: | Dlzyh Deliza Hidayah | |||||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2025 02:38 | |||||||||
Last Modified: | 07 Mar 2025 02:38 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/45984 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |