Qoiri Putri Selina, Novalia (2025) PENGARUH VARIASI KECEPATAN KAPAL PLATFORM SUPPLY VESSEL (PSV) SKALA PROTOTYPE TERHADAP ENERGI GELOMBANG YANG DIHASILKAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text (Full Text)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB I)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_01.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB II)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_02.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_03.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_04.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_05.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Referensi (Daftar Pustaka))
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Lampiran)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Cek Plagiasi)
Novalia Qoiri Putri Selina_3331210020_CP.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia, dengan luas laut 5,8 juta km², memiliki potensi besar dalam sektor energi, termasuk eksplorasi migas yang membutuhkan dukungan Platform Supply Vessel (PSV). Ketika kapal beroperasi akan menghasilkan gelombang dengan energi yang dapat dihitung. Gelombang juga dapat terbentuk akibat faktor alami seperti angin atau aktivitas bawah laut. Kontes Kapal Indonesia (KKI) mendorong inovasi desain kapal, termasuk pengembangan kapal PSV skala prototype. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek yang mempengaruhi kecepatan kapal, dan mengetahui pengaruh variasi kecepatan kapal terhadap energi gelombang yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode visual dengan video digital dan alat ukur ketinggian gelombang yang langsung kontak dengan air. Penelitian ini menggunakan kapal dengan variasi kecepatan 3 Knot, 4 Knot, dan 5 Knot, baik untuk arah kapal keluar maupun masuk danau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lines plan kapal telah disesuaikan dengan kapal yang digunakan, dengan lambung monohull yang sesuai untuk operasi di perairan tenang dengan kecepatan optimal. Hasil perhitungan energi gelombang adalah 0,92 J/m, 0,74 J/m, 1,76 J/m, 0,91 J/m, 4,10 J/m, dan 1,67 J/m yang menunjukkan bahwa semakin tinggi kecepatan kapal, semakin besar pula energi gelombang yang dihasilkan.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin | |||||||||
Depositing User: | Novalia Qoiri Putri Selina | |||||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2025 15:01 | |||||||||
Last Modified: | 03 Feb 2025 15:01 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/45955 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |