Yudha Pramestiara, Alisha (2024) Analisis Sikap Konsumen Terhadap Variabel Marketing Mix Sate Bandeng Hj. Mariyam. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_02.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_03.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_04.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_05.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (16kB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Alisha Yudha Pramestiara_4441200109_01.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
Abstract
Competition in the food business is very dynamic and tight, there are several factors that can influence it, starting from high market demand, to be competitive business actors must be able to innovate their products, price competition and business location are key, and technology and customer service are the main differentiators in food business competition. Milkfish satay has become a popular dish throughout Indonesia and has become an inseparable part of Indonesian culinary culture. Over time, milkfish satay has experienced innovation in presentation which includes variations in spices, the use of additional sauces, and more modern presentation methods. In this case the author tries to examine how consumer attitudes are towards the marketing mix variables of Hj. Mariyam Milkfish Satay which consists of product variables or attributes, price, promotion and place and tries to find out the most dominant variables that influence the formation of consumer attitudes towards Hj. Mariyam Milkfish Satay food products. Consumer attitudes are measured using the Fishbein attitude model. From the results of the analysis, it can be concluded that the attitude score is positive, which means that consumer attitudes towards Hj. Mariyam Milkfish Satay are good and the most dominant variables influencing the formation of consumer attitudes are Hj. Mariyam is a place. So, in this case the company must maintain or improve a strategic and easily accessible place, while increasing other marketing mix variables, namely price variables, promotion variables and product variables so that they can become competitive forces that support each other.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Persaingan dalam dunia bisnis menyebabkan para pelaku usaha bersaing untuk memperoleh pangsa pasar dan perusahaan terus berupaya meningkatkan operasionalnya. Kebutuhan dan permintaan konsumen saat ini semakin berkembang dan semakin beragam sehingga semakin menyulitkan produsen dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Konsumen memiliki beragam pilihan, mulai dari makanan cepat saji, makanan olahan, hingga makanan organik dan kesehatan. Keberagaman tersebut menuntut para pelaku ekonomi untuk terus berinovasi dan mengembangkan produk yang tidak hanya memenuhi kebutuhan gizi namun juga selera dan preferensi konsumen. Sebuah inovasi bisnis, sate ikan bandeng telah menjadi hidangan populer di seluruh Indonesia dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kuliner Indonesia. Sate Bandeng Hj. Mariyam, memiliki cita rasa yang lezat dan ikan bandeng berkualitas dengan harga yang sebanding dengan kualitas dan jumlah sate bandeng dan dijual. Tempat yang tidak strategis tidak mempengaruhi penjualan dan sikap konsumen. Usaha ini dapat memproduksi atau menjual 60-80 kg pada saat hari kerja dan 80-100 kg pada akhir pekan dengan jumlah konsumen yang tidak menentu. Peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh sikap konsumen terhadap variabel bauran pemasaran 4P. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sikap konsumen terhadap variabel marketing yang telah ditawarkan oleh Sate Bandeng Hj. Mariyam dan mengevaluasi variabel yang paling dominan dalam membentuk sikap konsumen untuk membeli ulang terhadap Sate Bandeng Hj. Mariyam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan accidental sampling populasi dalam penelitian ini adakah konsumen Sate Bandeng Hj. Mariyam. Penelitian ini menggunakan model fishbein dengan uji kepercayaan (bi) dan evaluasi (ei). Rentang pengukuran sikap konsumen terhadap variabel marketing mix Sate Bandeng Hj. Mariyam adalah 62,64 yang berada di rentang 61,6 – 80,8 yang artinya di skala positif. Variabel Tempat dengan rentang 15,9916 yang berada pada rentang 11,4 – 16,2 yaitu pada skala positif. Variabel Harga dengan rentang 15,7827 yang berada pada rentang 11,4 – 16,2 yaitu pada skala positif. Variabel Promosi dengan rentang 15,5339 yang berada pada rentang 11,4 – 16,2 yaitu pada skala positif. Variabel Produk dengan rentang 15,3310 yang berada pada rentang 11,4 – 16,2 yaitu pada skala positif. Variabel tempat adalah yang paling dominan yang mempengaruhi pembentukkan sikap konsumen terhadap Sate Bandeng Hj. Mariyam. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Consumer Attitude, Consumer Satisfaction, Marketing Mix, Place, Price, Product, Promotion, Repeat Purchase | |||||||||
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) | |||||||||
Divisions: | 04-Fakultas Pertanian > 54201-Program Studi Agribisnis 04-Fakultas Pertanian |
|||||||||
Depositing User: | Alisha Pramestiara | |||||||||
Date Deposited: | 06 Mar 2025 04:08 | |||||||||
Last Modified: | 06 Mar 2025 04:08 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/45954 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |