ADNAN RIZKILLAH, FATHAN (2019) PENGARUH TEKANAN DAN TEGANGAN LISTRIK TERHADAP VOLUME BAHAN BAKAR FUEL INJECTOR JENIS COMMON RAIL SYSTEM PADA MESIN DIESEL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENGARUH TEKANAN DAN TEGANGAN LISTRIK TERHADAP VOLUME BAHAN BAKAR FUEL INJECTOR JENIS COMMON RAIL SYSTEM PADA MESIN DIESEL.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Injektor merupakan bagian penting dalam sistem pengapian pada motor bakar. Sistem injeksi bahan bakar modern dengan akumulator hidrolik tekanan tinggi Common Rail telah menggantikan sistem konvensional dengan injektor bahan bakar mekanis. Injektor adalah katup yang dioperasikan secara elektrik yang secara akurat mengontrol jumlah bahan bakar yang dikirimkan. Dengan menambahkan bahan bakar ke udara yang dihisap oleh mesin, campuran dibuat dengan rasio bahan bakar dengan udara yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa volume bahan bakar dan efisiensi termal yang dihasilkan dari pengaruh variasi tekanan idle condition dan tegangan listrik pada pengujian Injector Common Rail mesin diesel. Hasil pengujian memperlihatkan semakin tinggi tekanan injeksi dan tegangan listrik maka semakin besar kuantitas volume bahan bakar yang dihasilkan. Seiring meningkatnya tekanan injeksi maka konsumsi bahan bakar terus bertambah dengan interval rata-rata 2 ml, namun dengan width pulse maksimal dan kecepatan putaran serta daya efektif yang konstan membuat efisiensi termal semakin menurun.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) | |||||||||
Divisions: | 03-Fakultas Teknik 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 15:04 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 15:04 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4568 |
Actions (login required)
View Item |