Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMPN 10 KOTA TANGERANGTAHUN PELAJARAN 2013/2014

AFRIANTI AMINI, SUCI (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMPN 10 KOTA TANGERANGTAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Perbandingan penggunaan media audio visual dan media visual terhadap hasil menulis teks berita di kelas VIII smpn 10 kota tangerang tahun pelajaran ....PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Suci Afrianti Amini NIM 2222092412 ii ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini, didasarkan pada kenyataan bahwa kegiatan menulis dipandang sebagai kegiatan yang rumit dan sulit bagi siswa. Hal tersebut, karena siswa masih belum mampu menuangkan ide-ide, pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Dalam pembelajaran menulis teks berita di SMP ternyata kurang mendapat perhatian dari guru bahasa dan sastra Indonesia karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan masih terbatas. Penggunaan media audio visual dan media visual diharapkan dapat membantu siswa dalam menulis teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil menulis teks berita antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 10 Kota Tangerang, yaitu kelas VIII E sebagai kelas yang menggunakan media visual (kelas kontrol) dan kelas VIII D sebagai kelas yang menggunakan media audio visual (kelas eksperimen), dengan subjek masing-masing 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes menulis teks berita. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik uji t dengan memperhatikan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data posttest menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan diperoleh data yang berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas data posttest, yaitu dengan rumus F dan diperoleh varians homogenitas. Uji hipotsesis data posttest menggunakan rumus uji t, dengan hasil terdapat perbedaan yang signifikan hasil menulis teks berita antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan media visual. Dengan db = 58 pada taraf signifikasi 5% diketahui t hitung 9,41 > 1,67 t , dengan nilai rata-rata kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan media audio visual memperoleh kemampuan menulis teks berita lebih besar, yaitu dengan nilai rata-rata 67,1 dan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan media visual memperoleh kemampuan menulis teks berita lebih besar 75,5. Dalam hal ini, penggunaan media dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media visual mendapatkan hasil lebih baik daripada yang menggunakan media audio visual.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorErwin Juansah, Dase197707262003121001
Additional Information: PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL MENULIS TEKS BERITA DI KELAS VIII SMP NEGERI 10 KOTA TANGERANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Suci Afrianti Amini NIM 2222092412 ii ABSTRAK Latar belakang dari penelitian ini, didasarkan pada kenyataan bahwa kegiatan menulis dipandang sebagai kegiatan yang rumit dan sulit bagi siswa. Hal tersebut, karena siswa masih belum mampu menuangkan ide-ide, pikiran dan perasaan ke dalam bentuk tulisan. Dalam pembelajaran menulis teks berita di SMP ternyata kurang mendapat perhatian dari guru bahasa dan sastra Indonesia karena penggunaan media pembelajaran yang digunakan masih terbatas. Penggunaan media audio visual dan media visual diharapkan dapat membantu siswa dalam menulis teks berita. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil menulis teks berita antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan media visual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang bersifat kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu posttest-only control design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 10 Kota Tangerang, yaitu kelas VIII E sebagai kelas yang menggunakan media visual (kelas kontrol) dan kelas VIII D sebagai kelas yang menggunakan media audio visual (kelas eksperimen), dengan subjek masing-masing 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan tes menulis teks berita. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik uji t dengan memperhatikan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data posttest menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan diperoleh data yang berdistribusi normal. Sedangkan untuk uji homogenitas data posttest, yaitu dengan rumus F dan diperoleh varians homogenitas. Uji hipotsesis data posttest menggunakan rumus uji t, dengan hasil terdapat perbedaan yang signifikan hasil menulis teks berita antara kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan media visual. Dengan db = 58 pada taraf signifikasi 5% diketahui t hitung 9,41 > 1,67 t , dengan nilai rata-rata kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan media audio visual memperoleh kemampuan menulis teks berita lebih besar, yaitu dengan nilai rata-rata 67,1 dan nilai rata-rata kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan media visual memperoleh kemampuan menulis teks berita lebih besar 75,5. Dalam hal ini, penggunaan media dalam pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media visual mendapatkan hasil lebih baik daripada yang menggunakan media audio visual.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 13:39
Last Modified: 08 Nov 2021 13:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4522

Actions (login required)

View Item View Item