Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PROGRAM HOMESCHOOLING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SERANG BANTEN

ANNISA NURMAULIDANIA, RATU (2017) EFEKTIVITAS PROGRAM HOMESCHOOLING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA SERANG BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
EFEKTIVITAS PROGRAM HOMESCHOOLING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PESERTA DIDIK DI HOMESCHOOLING PRIMAGAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah tentang Efektivitas Program Homeschooling dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Homeschooling Primagama Serang Banten. Untuk itu pada kegiatan program Homeschooling, penelitian ini secara khusus mengkaji masalah (1) Bagaimana efektivitas Program Homeschooling dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten?; (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten?; (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan Program Homeschooling Primagama Serang Banten? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu satu orang pengelola, dua orang tutor dan dua orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Program Homeschooling dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik sudah berjalan dengan baik dilihat dari efektivitas (tujuan yang dicapai, sasaran yang tepat, dan hasil). (2) Kondisi peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dilihat dari kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik mengalami peningkatan yang signifikan. Kompetensi dalam aspek kognitif yang meningkat setelah mengikuti pembelajaran yaitu, kemampuan peserta didik dalam menguasai materi apa yang sudah dipelajari, mengingat isi pembelajaran, dan dapat menjelaskan kembali apa yang diajarkan tutor. Kompetensi dalam aspek afektif yang meningkat setelah pembelajaran yaitu, peserta didik sangat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih bersikap dewasa dan percaya diri, dan peserta didik berperilaku sopan. Kompetensi dalam aspek psikomotorik yang meningkat setelah pembelajaran yaitu, Peserta didik mengaplikasikan praktek yang telah diajarkan pada keterampilan yang dibutuhkan didalam masyarakat. Dalam praktek membatik, peserta didik dapat membatik sendiri di rumah dan mengajarkan membatik kepada keluarga dan temannya. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program Homeschooling dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten, faktor pendukung dalam pembelajaran ini adanya peserta didik yang bersedia melakukan proses pembelajaran di Homeschooling Primagama Serang Banten, adanya tutor yang cukup, adanya media pembelajaran yang lengkap dan adanya m

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, SudadioUNSPECIFIED
Thesis advisorHanafi, SyadeliUNSPECIFIED
Additional Information: Masalah dalam penelitian ini adalah tentang Efektivitas Program Homeschooling dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di Homeschooling Primagama Serang Banten. Untuk itu pada kegiatan program Homeschooling, penelitian ini secara khusus mengkaji masalah (1) Bagaimana efektivitas Program Homeschooling dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten?; (2) Bagaimana hasil belajar peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten?; (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat terhadap pelaksanaan Program Homeschooling Primagama Serang Banten? Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian yaitu satu orang pengelola, dua orang tutor dan dua orang peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas Program Homeschooling dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik sudah berjalan dengan baik dilihat dari efektivitas (tujuan yang dicapai, sasaran yang tepat, dan hasil). (2) Kondisi peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dilihat dari kompetensi kognitif, afektif dan psikomotorik mengalami peningkatan yang signifikan. Kompetensi dalam aspek kognitif yang meningkat setelah mengikuti pembelajaran yaitu, kemampuan peserta didik dalam menguasai materi apa yang sudah dipelajari, mengingat isi pembelajaran, dan dapat menjelaskan kembali apa yang diajarkan tutor. Kompetensi dalam aspek afektif yang meningkat setelah pembelajaran yaitu, peserta didik sangat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik lebih bersikap dewasa dan percaya diri, dan peserta didik berperilaku sopan. Kompetensi dalam aspek psikomotorik yang meningkat setelah pembelajaran yaitu, Peserta didik mengaplikasikan praktek yang telah diajarkan pada keterampilan yang dibutuhkan didalam masyarakat. Dalam praktek membatik, peserta didik dapat membatik sendiri di rumah dan mengajarkan membatik kepada keluarga dan temannya. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam program Homeschooling dalam meningkatkan kompetensi peserta didik di Homeschooling Primagama Serang Banten, faktor pendukung dalam pembelajaran ini adanya peserta didik yang bersedia melakukan proses pembelajaran di Homeschooling Primagama Serang Banten, adanya tutor yang cukup, adanya media pembelajaran yang lengkap dan adanya m
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:44
Last Modified: 08 Nov 2021 11:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item