Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2013/2014

MINTARI, MIMIN (2014) PENGGUNAAN TEKNIK AKROSTIK TERHADAP UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA SERANG TAHUN AJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penggunaan teknik akrostik terhadap upaya meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri Kota Serang tahun ajaran 2013-2014.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK Penggunaan Teknik Akrostik Terhadap Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. oleh Mimin Mintari (2222090200) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMA, sehingaa perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah terdapat pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Apakah terdapat pengaruh teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Apakah terdapat perbedaan antara teknik akrostik dan teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Serang dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor berdistribusi normal atau homogen. Populasi penelitian ini adalah siswa kela X SMA Negeri 6 Kota Serang, sampel diambil secara acak atau teknik random dan didapat kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan teknik akrostik dengan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik gali kunci, (1) terdapat pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (2) terdapat pengaruh teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota iv Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (3) terdapat perbedaan antara teknik akrostik dan teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari perolehan t sebesar 4,444 dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 serta db 25 diperoleh t hitung tabel sebesar 1,671 terbukti, t v hitung (4,444) > t (1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan rata-rata nilai tes terbukti signifikan. Hal ini sekaligus membuktikan hipotesis yang diajukan penulis dalam penelitian ini, yaitu teknik akrostik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang diterima. tabel Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa teknik akrostik berpengaruh dalam keterampilan menulis puisi dibandigkan penggunaan teknik gali kunci dalam keterampilan menulis puisi. Dengan demikian, penggunaan teknik karostik layak dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa khusunya pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci : Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, dan Puisi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman1966610052001121001
Thesis advisorHerwan, Herwan1973062003121001
Additional Information: ABSTRAK Penggunaan Teknik Akrostik Terhadap Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. oleh Mimin Mintari (2222090200) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dalam pembelajaran menulis puisi siswa SMA, sehingaa perlu dicari alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pembelajaran yang diterapkan adalah pembelajaran menggunakan teknik akrostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Apakah terdapat pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (2) Apakah terdapat pengaruh teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (3) Apakah terdapat perbedaan antara teknik akrostik dan teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Kota Serang dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Analisis data diadakan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor berdistribusi normal atau homogen. Populasi penelitian ini adalah siswa kela X SMA Negeri 6 Kota Serang, sampel diambil secara acak atau teknik random dan didapat kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-4 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kemampuan menulis puisi menggunakan teknik akrostik dengan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik gali kunci, (1) terdapat pengaruh teknik akrostik terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (2) terdapat pengaruh teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota iv Serang Tahun Ajaran 2013/2014. (3) terdapat perbedaan antara teknik akrostik dan teknik gali kunci terhadap hasil belajar siswa dalam proses menulis puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari perolehan t sebesar 4,444 dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 serta db 25 diperoleh t hitung tabel sebesar 1,671 terbukti, t v hitung (4,444) > t (1,671). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan rata-rata nilai tes terbukti signifikan. Hal ini sekaligus membuktikan hipotesis yang diajukan penulis dalam penelitian ini, yaitu teknik akrostik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Serang diterima. tabel Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa teknik akrostik berpengaruh dalam keterampilan menulis puisi dibandigkan penggunaan teknik gali kunci dalam keterampilan menulis puisi. Dengan demikian, penggunaan teknik karostik layak dijadikan sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa khusunya pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Kata Kunci : Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, dan Puisi
Uncontrolled Keywords: Teknik Akrostik, Keterampilan Menulis, dan Puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:29
Last Modified: 08 Nov 2021 11:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4472

Actions (login required)

View Item View Item