Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN PERTANYAAN DIVERGEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI SMP AL-A’RAAF CILEGON

MUSLIHAH, LILIS (2013) PENGGUNAAN PERTANYAAN DIVERGEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI SMP AL-A’RAAF CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penggunaan Pertanyaan divergen terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran konsep saling ketergantungan dalam ekosistem si SMP Al-A'Raaf Cilegon.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRACT This study aims to determine the cognitive abilities of students through divergent questions on learning the concept of interdependence in ecosystems in SMP Al-A'raf Cilegon. The method used in this research is descriptive method. Population and samples in this study were students of class VII semester academic year 2012/2013. Data collection techniques such as test data and nontes. Results of this study indicate that the cognitive abilities of students to the concept of interdependence in ecosystems in SMP Al-A'raf Cilegon, 56% of enough categories, 25% of students are less, and 19% lower students. The conclusion of this research is the cognitive abilities of students in the junior class VII Al-A'raf Cilegon after learning using the most divergent questions attain enough categories, namely 56%. Keywords: Cognitive Ability, Divergent Questions, Interdependence in the Ecosystem

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAmelia, Evi197207272005012001
Thesis advisorSuratmi, SuratmiUNSPECIFIED
Additional Information: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa melalui pertanyaan divergen pada pembelajaran konsep saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Al- A’raaf Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data berupa data tes dan nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada konsep saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Al-A’raaf Cilegon, 56% tergolong kategori cukup, 25% siswa kurang, dan 19% siswa rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMP Al-A’raaf Cilegon setelah pembelajaran menggunakan pertanyaan divergen sebagian besar mencapai kategori cukup, yaitu 56%. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Pertanyaan Divergen, Saling Ketergantungan dalam Ekosistem
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Pertanyaan Divergen, Saling Ketergantungan dalam Ekosistem Cognitive Ability, Divergent Questions, Interdependence in the Ecosystem
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:25
Last Modified: 08 Nov 2021 11:25
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4471

Actions (login required)

View Item View Item