MUSLIHAH, LILIS (2013) PENGGUNAAN PERTANYAAN DIVERGEN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KONSEP SALING KETERGANTUNGAN DALAM EKOSISTEM DI SMP AL-A’RAAF CILEGON. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Penggunaan Pertanyaan divergen terhadap kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran konsep saling ketergantungan dalam ekosistem si SMP Al-A'Raaf Cilegon.PDF - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRACT This study aims to determine the cognitive abilities of students through divergent questions on learning the concept of interdependence in ecosystems in SMP Al-A'raf Cilegon. The method used in this research is descriptive method. Population and samples in this study were students of class VII semester academic year 2012/2013. Data collection techniques such as test data and nontes. Results of this study indicate that the cognitive abilities of students to the concept of interdependence in ecosystems in SMP Al-A'raf Cilegon, 56% of enough categories, 25% of students are less, and 19% lower students. The conclusion of this research is the cognitive abilities of students in the junior class VII Al-A'raf Cilegon after learning using the most divergent questions attain enough categories, namely 56%. Keywords: Cognitive Ability, Divergent Questions, Interdependence in the Ecosystem
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa melalui pertanyaan divergen pada pembelajaran konsep saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Al- A’raaf Cilegon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester genap tahun ajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data berupa data tes dan nontes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif siswa pada konsep saling ketergantungan dalam ekosistem di SMP Al-A’raaf Cilegon, 56% tergolong kategori cukup, 25% siswa kurang, dan 19% siswa rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif siswa kelas VII di SMP Al-A’raaf Cilegon setelah pembelajaran menggunakan pertanyaan divergen sebagian besar mencapai kategori cukup, yaitu 56%. Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Pertanyaan Divergen, Saling Ketergantungan dalam Ekosistem | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Pertanyaan Divergen, Saling Ketergantungan dalam Ekosistem Cognitive Ability, Divergent Questions, Interdependence in the Ecosystem | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 11:25 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 11:25 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4471 |
Actions (login required)
View Item |