Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 7 PANDEGLANG Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 7 Pandeglang Tahun Pelajaran 2013/2014

Siti Arafah, Riska (2014) PENGGUNAAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 7 PANDEGLANG Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XII di SMA Negeri 7 Pandeglang Tahun Pelajaran 2013/2014. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penggunaan pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMA Negeri 7 Pandeglang.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK RISKA. St. Arafah. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Keterampilan menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2013. Penelitian ini bertujuan mengujicobakan pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran menulis cerpen siswa SMAN 7 Pandeglang di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction), (2) Tidak terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran menulis cerpen siswa SMAN 7 Pandeglang di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen serta kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan instrument tes. Digunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 untuk menjawab hipotesis tersebut, dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan pembelajaran tanpa pendekatan kontekstual.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorSenjaya, Arip197902012005011003
Additional Information: ABSTRAK RISKA. St. Arafah. Penggunaan Pendekatan Kontekstual Terhadap Keterampilan menulis Cerpen Siswa Kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang. 2013. Penelitian ini bertujuan mengujicobakan pendekatan kontekstual terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran menulis cerpen siswa SMAN 7 Pandeglang di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction), (2) Tidak terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran menulis cerpen siswa SMAN 7 Pandeglang di kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan kontekstual dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN 7 Pandeglang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen serta kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan instrument tes. Digunakan statistik uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 untuk menjawab hipotesis tersebut, dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada keterampilan menulis cerpen siswa yang menggunakan pembelajaran tanpa pendekatan kontekstual.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:21
Last Modified: 08 Nov 2021 11:21
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4469

Actions (login required)

View Item View Item