Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGGUNAAN KOHESI GRAMATIKAL PADA CERPEN PILIHAN KOMPAS 2010 “DODOLITDODOLITDODOLIBRET” DAN RENCANA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP

Emi, Ekayati (2014) PENGGUNAAN KOHESI GRAMATIKAL PADA CERPEN PILIHAN KOMPAS 2010 “DODOLITDODOLITDODOLIBRET” DAN RENCANA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Penggunaan Kohesi gramatikal pada cerpen pilihan kompas 2010 dodolitdodolitdodolibret dan rencana pembelajran menulis di smp.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGGUNAAN KOHESI GRAMATIKAL PADA CERPEN PILIHAN KOMPAS 2010 “DODOLITDODOLITDODOLIBRET” DAN RENCANA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP Oleh Emi Ekayati 2222090671 Pertanyaan Penelitian ini adalah “Bentuk kohesi gramatikal apa saja yang terdapat pada kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”?”, “ Jenis kohesi gramatikal apa saja yang ditemukan dalam penulisan kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”?”, dan “Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menulis di SMP yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kohesi gramatikal yang ada pada kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”, mendeskripsikan jenis kohesi gramatikal apa saja yang ditemukan dalam penulisan kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menulis di SMP yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode analisis isi. Sementara itu, teknik penelitiannya berupa teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan teknik keabsahan data. Dalam teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Untuk teknik keabsahan data ini menggunakan triangulasi dengan teori. Sumber data yang dipilih adalah kumpulan cerpen pilihan Kompas 2010 Dodolitdodolitdodolitbret. Adapun data penelitian ini adalah unsurunsur bahasa yang mengandung kohesi gramatikal yang terdapat dalam sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa terdapat kohesi gramatikal dalam tiga buah cerita pendek yang terdapat dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2010 Dodolitdodolitdodolitbret, berupa unsur-unsur yang diambil per kalimat. Jenis-jenis kohesi gramatikal yang ditemukan dalam cerpen-cerpen tersebut meliputi kohesi gramatikal referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disusun rencana pelaksanaan pemelajaran di SMP kelas IX pada aspek menulis dengan standar kompetensi mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerpen pendek, dan kompetensi dasarnya adalah menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca. Kata Kunci : Kohesi Gramatikal, Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pemelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Additional Information: ABSTRAK PENGGUNAAN KOHESI GRAMATIKAL PADA CERPEN PILIHAN KOMPAS 2010 “DODOLITDODOLITDODOLIBRET” DAN RENCANA PEMBELAJARAN MENULIS DI SMP Oleh Emi Ekayati 2222090671 Pertanyaan Penelitian ini adalah “Bentuk kohesi gramatikal apa saja yang terdapat pada kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”?”, “ Jenis kohesi gramatikal apa saja yang ditemukan dalam penulisan kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”?”, dan “Bagaimanakah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menulis di SMP yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis?”. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk kohesi gramatikal yang ada pada kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”, mendeskripsikan jenis kohesi gramatikal apa saja yang ditemukan dalam penulisan kumpulan Cerpen Pilihan Kompas 2010 “Dodolitdodolitdodolibret”, dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menulis di SMP yang disusun dengan memanfaatkan hasil analisis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan metode analisis isi. Sementara itu, teknik penelitiannya berupa teknik pengumpulan data, teknik analisis data, dan teknik keabsahan data. Dalam teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Pada teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Untuk teknik keabsahan data ini menggunakan triangulasi dengan teori. Sumber data yang dipilih adalah kumpulan cerpen pilihan Kompas 2010 Dodolitdodolitdodolitbret. Adapun data penelitian ini adalah unsurunsur bahasa yang mengandung kohesi gramatikal yang terdapat dalam sumber data. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa terdapat kohesi gramatikal dalam tiga buah cerita pendek yang terdapat dalam kumpulan cerpen pilihan Kompas 2010 Dodolitdodolitdodolitbret, berupa unsur-unsur yang diambil per kalimat. Jenis-jenis kohesi gramatikal yang ditemukan dalam cerpen-cerpen tersebut meliputi kohesi gramatikal referensi, substitusi, elipsis, dan konjungsi. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat disusun rencana pelaksanaan pemelajaran di SMP kelas IX pada aspek menulis dengan standar kompetensi mengungkapkan kembali pikiran, perasaan, dan pengalaman dalam cerpen pendek, dan kompetensi dasarnya adalah menulis kembali dengan kalimat sendiri cerita pendek yang pernah dibaca. Kata Kunci : Kohesi Gramatikal, Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pemelajaran.
Uncontrolled Keywords: Kohesi Gramatikal, Cerpen, Rencana Pelaksanaan Pemelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:17
Last Modified: 08 Nov 2021 11:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item View Item