Mas’amah, Mas’amah (2014) PENGGUNAAN IDIOM BAHASA INDONESIA PADA RUBRIK WACANA PUBLIK SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI MEI 2013 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
Penggunaan Idiom Bahasa Indonesia Pada Rubrik Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten Edisi Mei 2013 Dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGGUNAAN IDIOM BAHASA INDONESIA PADA WACANA PUBLIK SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI MEI 2013 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA Bahasa merupakan alat interaksi manusia, dengan bahasa manusia dapat menuangkan perasaan, ide,dan lain sebagainya kepada orang lain. Dalam kegiatan berkomunikasi, acapkali penutur bahasa suatu waktu memakai ungkapan lain untuk memperhalus maksud agar tak menyinggung lawan bicara, salah satunnya yaitu penggunaan idiom. Dalam kegiatan berbahasa, idiom tidak hanya menggunakan pada bahasa lisan, tetapi juga bahasa tulis. Dalam komunikasi tulis, kita dapat menemukan penggunaan idiom salah satunya dalam surat kabar. Surat kabar merupakan wadah untuk menyampaikan informasi, penggunaan idiom salah satunya diperlukan agar bahasa dalam surat kabar lebih menarik untuk dibaca.Dalam penelitian ini surat kabar yang digunakan adalah Surat Kabar Radar Banten. Surat Kabar Radar Banten merupakan surat kabar lokal yang sudah banyak dibaca oleh masyarakat Banten. Penggunaan bahasa dalam surat kabar tersebut patut diperhatikan, sehingga sudah sepantasnya Surat Kabar Radar Banten dapat dijadikan sebagai objek penelitian, Dalam penelitian ini, rubrik yang dianalisis adalah wacana publik surat kabar Radar Banten, rubrik ini jika digunakan untuk kegiatan pembelajaran, maka akan menambah wawasan siswa dalam mengetahui informasi terkini yang terjadi di tengah masyarakat khususnya di daerah siswa berada. Dalam kaitannya dalam pembelajaran, idiom dapat diangkat sebagai masalah penelitian dalam hubungannya dengan keterampilan penguasaan kosakata. Pembelajaran tentang idiom harus diajarkan kepada peserta didik agar kosakata siswa bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk idiom yang terdapat pada rubrik Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013, dan 2) Menyusun rencana pembelajaran di SMA kelas XII sesuai dengan hasil dari penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, digunakan untuk menganalisis idiom yang terdapat dalam Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013. Hasil analisis dalam Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013, ada 24 judul wacana publik yang terdapat idiom. Dari 24 wacana publik tersebut, terdapat 54 idiom, yang terdiri dari 39 idiom penuh dan 15 idiom sebagian. Pengelompokkan idiom berdasarkan atas ada tidaknya unsur leksikal yang tergambar dalam unsur pembentuk idiom. Apabila idiom salah satu unsurnya masih memiliki makna leksikal maka merupakan idiom sebagian, tetapi jika unsur pembentuk idiom berbeda sama sekali dengan makna leksikal pembentuknya maka merupakan idiom penuh.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | ABSTRAK PENGGUNAAN IDIOM BAHASA INDONESIA PADA WACANA PUBLIK SURAT KABAR RADAR BANTEN EDISI MEI 2013 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA Bahasa merupakan alat interaksi manusia, dengan bahasa manusia dapat menuangkan perasaan, ide,dan lain sebagainya kepada orang lain. Dalam kegiatan berkomunikasi, acapkali penutur bahasa suatu waktu memakai ungkapan lain untuk memperhalus maksud agar tak menyinggung lawan bicara, salah satunnya yaitu penggunaan idiom. Dalam kegiatan berbahasa, idiom tidak hanya menggunakan pada bahasa lisan, tetapi juga bahasa tulis. Dalam komunikasi tulis, kita dapat menemukan penggunaan idiom salah satunya dalam surat kabar. Surat kabar merupakan wadah untuk menyampaikan informasi, penggunaan idiom salah satunya diperlukan agar bahasa dalam surat kabar lebih menarik untuk dibaca.Dalam penelitian ini surat kabar yang digunakan adalah Surat Kabar Radar Banten. Surat Kabar Radar Banten merupakan surat kabar lokal yang sudah banyak dibaca oleh masyarakat Banten. Penggunaan bahasa dalam surat kabar tersebut patut diperhatikan, sehingga sudah sepantasnya Surat Kabar Radar Banten dapat dijadikan sebagai objek penelitian, Dalam penelitian ini, rubrik yang dianalisis adalah wacana publik surat kabar Radar Banten, rubrik ini jika digunakan untuk kegiatan pembelajaran, maka akan menambah wawasan siswa dalam mengetahui informasi terkini yang terjadi di tengah masyarakat khususnya di daerah siswa berada. Dalam kaitannya dalam pembelajaran, idiom dapat diangkat sebagai masalah penelitian dalam hubungannya dengan keterampilan penguasaan kosakata. Pembelajaran tentang idiom harus diajarkan kepada peserta didik agar kosakata siswa bertambah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan bentuk idiom yang terdapat pada rubrik Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013, dan 2) Menyusun rencana pembelajaran di SMA kelas XII sesuai dengan hasil dari penelitian. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, digunakan untuk menganalisis idiom yang terdapat dalam Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013. Hasil analisis dalam Wacana Publik Surat Kabar Radar Banten edisi Mei 2013, ada 24 judul wacana publik yang terdapat idiom. Dari 24 wacana publik tersebut, terdapat 54 idiom, yang terdiri dari 39 idiom penuh dan 15 idiom sebagian. Pengelompokkan idiom berdasarkan atas ada tidaknya unsur leksikal yang tergambar dalam unsur pembentuk idiom. Apabila idiom salah satu unsurnya masih memiliki makna leksikal maka merupakan idiom sebagian, tetapi jika unsur pembentuk idiom berbeda sama sekali dengan makna leksikal pembentuknya maka merupakan idiom penuh. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 08 Nov 2021 11:12 | |||||||||
Last Modified: | 08 Nov 2021 11:12 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4466 |
Actions (login required)
View Item |