Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL DAN GAYA BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS (Suatu Penelitian Pengembangan)

MUTTAQIN, KAMILUL (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONTEKSTUAL DAN GAYA BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN GARIS LURUS (Suatu Penelitian Pengembangan). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis konstektual dan gaya belajar pda pokok bahasan persamaan garis lurus.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (39MB)

Abstract

ABSTRAK KAMILUL MUTTAQIN, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Kontekstual dan Gaya Belajar pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus (suatu penelitian pengembangan). Skripsi. Serang: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Januari 2014. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika dan siswa diketahui, para siswa masih kurang memahami konsep tentang persamaan garis lurus, siswa cenderung kurang mengerti karena merupakan salah satu materi yang kurang disenangi siswa sehingga pesan materi pembelajaran menjadi tidak tersampaikan. Selain itu, gaya belajar siswa mempengaruhi tingkat kecepatan pemahaman siswa akan suatu materi pelajaran matematika. Dalam hal ini media pembelajaran interaktif diharapkan dapat mampu memfasilitasi siswa dengan gaya belajarnya masing-masing untuk memahami suatu materi pelajaran matematika menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual dan gaya belajar, serta mengetahui gaya belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Proses tersebut yakni pembuatan draft awal media pembelajaran interaktif, uji ahli, revisi sesuai masukan ahli multimedia, matematika, pendidikan, uji kelompok kecil, revisi sesuai hasil uji kelompok kecil lalu uji lapangan. Uji kelompok kecil dilakukan pada lima siswa kelas XII SMK Negeri 2 Pandeglang, sedangkan Uji lapangan dilakukan terhadap 33 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pandeglang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar serta angket gaya belajar yang dilakukan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran materi persamaan garis lurus yang disampaikan dengan cara biasa yang terjadi selama ini tidak sejalan dengan pemahaman awal siswa, perlu adanya inovasi baru agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan kualitas ilmu pengetahuan yang disampaikan dapat diterima seutuhnya, materi persamaan garis lurus dalam bentuk media pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan gaya belajar yang disajikan secara interaktif didalamnya berisi menu-menu yang dapat diklik untuk menampilkan sebuah informasi tertentu. Dari 33 siswa pada uji lapangan, 15 orang siswa cenderung bergaya belajar visual, 10 orang siswa cenderung bergaya belajar auditori, dan 8 orang siswa cenderung bergaya belajar kinestetik. Hubungan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa signifikan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Kontekstual, Gaya Belajar, Persamaan Garis Lurus

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatah, Abdul198110112006041002
Thesis advisorFaturohman, Maman198209252006041001
Additional Information: ABSTRAK KAMILUL MUTTAQIN, Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif berbasis Kontekstual dan Gaya Belajar pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus (suatu penelitian pengembangan). Skripsi. Serang: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Januari 2014. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru matematika dan siswa diketahui, para siswa masih kurang memahami konsep tentang persamaan garis lurus, siswa cenderung kurang mengerti karena merupakan salah satu materi yang kurang disenangi siswa sehingga pesan materi pembelajaran menjadi tidak tersampaikan. Selain itu, gaya belajar siswa mempengaruhi tingkat kecepatan pemahaman siswa akan suatu materi pelajaran matematika. Dalam hal ini media pembelajaran interaktif diharapkan dapat mampu memfasilitasi siswa dengan gaya belajarnya masing-masing untuk memahami suatu materi pelajaran matematika menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis kontekstual dan gaya belajar, serta mengetahui gaya belajar siswa dan hubungannya dengan hasil belajar siswa. Proses tersebut yakni pembuatan draft awal media pembelajaran interaktif, uji ahli, revisi sesuai masukan ahli multimedia, matematika, pendidikan, uji kelompok kecil, revisi sesuai hasil uji kelompok kecil lalu uji lapangan. Uji kelompok kecil dilakukan pada lima siswa kelas XII SMK Negeri 2 Pandeglang, sedangkan Uji lapangan dilakukan terhadap 33 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pandeglang. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar serta angket gaya belajar yang dilakukan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pembelajaran materi persamaan garis lurus yang disampaikan dengan cara biasa yang terjadi selama ini tidak sejalan dengan pemahaman awal siswa, perlu adanya inovasi baru agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan kualitas ilmu pengetahuan yang disampaikan dapat diterima seutuhnya, materi persamaan garis lurus dalam bentuk media pembelajaran interaktif ini dibuat dengan menggunakan pendekatan kontekstual dan gaya belajar yang disajikan secara interaktif didalamnya berisi menu-menu yang dapat diklik untuk menampilkan sebuah informasi tertentu. Dari 33 siswa pada uji lapangan, 15 orang siswa cenderung bergaya belajar visual, 10 orang siswa cenderung bergaya belajar auditori, dan 8 orang siswa cenderung bergaya belajar kinestetik. Hubungan antara gaya belajar siswa dan hasil belajar siswa signifikan. Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif, Kontekstual, Gaya Belajar, Persamaan Garis Lurus
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Kontekstual, Gaya Belajar, Persamaan Garis Lurus
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 11:03
Last Modified: 08 Nov 2021 11:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item