Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR (STUDI KUALITATIF DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 KOTA SERANG-BANTEN)

Aktaviani Somantri, Ilma (2014) PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR (STUDI KUALITATIF DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 KOTA SERANG-BANTEN). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK 5-6BTAHUN MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Ilma Aktaviani Somantri, Nim : 2228092510,Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambardi TK Kemala Bhayangkari 01 Serang. Peneliti mengambil judul dalam tulisannya yaitu pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar penelitian ini di laksanakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, subjek yang diteliti adalah kelompok B Merak dengan jumlah tujuh anak. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiProses kegiatan menggambar untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, mengetahui teknik yang digunakan dalam kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serangdan memaparkan media yang sesuai dalam kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses kegiatan pengembangan kreativitas melaui kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang dapat dilihat dari persiapan yang dilakukan gurunya untuk membuat rencana kegiatan harian, mempersiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan, mencontohkan pada anak, mendampingi anak saat kegiatan berlangsung dan mengasesmen anak dengan pemberian hadiah. Proses saat anak menggambar yaitu anak berimajinasi, mencoret, menggores, menorehkan benda tulis ke benda lain dan memberi warna. (2) Kreativitas anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang sudah memiliki pribadi yang kreatif, memiliki motivasi, proses dan produk yang kreatif hal ini dapat terlihat ketika anak mampu bermain music sehingga anak dapat menghasilkan nada suara, anak bermain dengan balok-balok sehingga anak menciptakan 3 dimensi, anak melipat perahu dengan kertas origami dan anak menempel lipatan perahu serta anak diberikan kesempatan untuk menambahkan apa saja pada lipatannya dan juga anak memasangkan gambar yang hilang dengan cara menggunting dan menempel. (3) Tehnik menggambar yang digunakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang sesuai dengan anak usia 5-6 tahun, tehnik yang digunakan begitu sederhana sehingga anak dapat mengikutinya. Tehnik yang digunakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang adalah tehnik arsir, dussel, stipel, sapuan, campuran dan tehnik khusus. (4) Media yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang terlihat aman bagi anak, anak juga dapat menggunakan media tersebut secara nyaman dan mudah di gunakan.Media yang di gunakan di TK ini adalah kertas dan karton, kanvas, papan kayu lapis, kramik, pensil, arang, kuas dan pewarna gambar seperti crayon, sepidol, cat warna, kapur.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAfiati, Evi197908012006042003
Thesis advisorKusumawardani, Ratih198112052008122005
Additional Information: ABSTRAK Nama : Ilma Aktaviani Somantri, Nim : 2228092510,Pengembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Menggambardi TK Kemala Bhayangkari 01 Serang. Peneliti mengambil judul dalam tulisannya yaitu pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan menggambar penelitian ini di laksanakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, subjek yang diteliti adalah kelompok B Merak dengan jumlah tujuh anak. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiProses kegiatan menggambar untuk mengembangkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang, mengetahui teknik yang digunakan dalam kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serangdan memaparkan media yang sesuai dalam kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses kegiatan pengembangan kreativitas melaui kegiatan menggambar anak usia 5-6 tahun di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang dapat dilihat dari persiapan yang dilakukan gurunya untuk membuat rencana kegiatan harian, mempersiapkan alat dan bahan yang akan di gunakan, mencontohkan pada anak, mendampingi anak saat kegiatan berlangsung dan mengasesmen anak dengan pemberian hadiah. Proses saat anak menggambar yaitu anak berimajinasi, mencoret, menggores, menorehkan benda tulis ke benda lain dan memberi warna. (2) Kreativitas anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang sudah memiliki pribadi yang kreatif, memiliki motivasi, proses dan produk yang kreatif hal ini dapat terlihat ketika anak mampu bermain music sehingga anak dapat menghasilkan nada suara, anak bermain dengan balok-balok sehingga anak menciptakan 3 dimensi, anak melipat perahu dengan kertas origami dan anak menempel lipatan perahu serta anak diberikan kesempatan untuk menambahkan apa saja pada lipatannya dan juga anak memasangkan gambar yang hilang dengan cara menggunting dan menempel. (3) Tehnik menggambar yang digunakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang sesuai dengan anak usia 5-6 tahun, tehnik yang digunakan begitu sederhana sehingga anak dapat mengikutinya. Tehnik yang digunakan di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang adalah tehnik arsir, dussel, stipel, sapuan, campuran dan tehnik khusus. (4) Media yang digunakan untuk mengembangkan kreativitas anak di TK Kemala Bhayangkari 01 Serang terlihat aman bagi anak, anak juga dapat menggunakan media tersebut secara nyaman dan mudah di gunakan.Media yang di gunakan di TK ini adalah kertas dan karton, kanvas, papan kayu lapis, kramik, pensil, arang, kuas dan pewarna gambar seperti crayon, sepidol, cat warna, kapur.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:58
Last Modified: 08 Nov 2021 10:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4462

Actions (login required)

View Item View Item