Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS 2 IPA SMAN 3 KABUPATEN TANGERANG

RUDI, MAD (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN (POE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI KELAS 2 IPA SMAN 3 KABUPATEN TANGERANG. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran predict-observe-explain ( POE ) terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRACT The aim of the research is for finding out the influence of using PredictObserve-Explain (POE)learning model to students cricitical thinking skill of human respiratory system concept. This research was conducted in SMAN 3Sub-Province Tangerang academic year 2012/2013. The method of research is used quasi experimental with the non-equivalent control group design. The population in this research were all students of class science grade 2. The sampling technique used in this research were purposive sampling.The research samplewasa class science 3 grade 2 as aPredict-Observe-Explain (POE)learning modelclass with 35 studentsand science 1 grade 2 as a information discussion learning model class with35 students. The instrument use was critical thinking essay tests and working sheet.Analysis of the results of hypothesis testing using t-test at significance level 95% (α = 0.05) andit can be concludedthatthePredictObserve-Explain learning model effect the critical thinking skill of students class science SMAN 3 Sub-Province Tangerang. Keywords: Predict-Observe-Explain learning model, Critical thinking, Human respiratory system.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila Hendriyani, Mila197509192003122002
Thesis advisorDarifah, Siti198002082010122002
Additional Information: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian dilaksanakan di SMAN 3 Kabupaten Tangerang tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 IPA. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas 2 IPA 3 sebagai kelas model pembelajaran PredictObserve-Explain (POE) sebanyak 35 peserta didik dan kelas 2 IPA 1 sebagai kelas model pembelajarandiskusi informatif sebanyak 35 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Analisis hipotesis data dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 95% (α = 0,05) dan berdasarkan nilai perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE)terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas 2 IPA SMAN 3 Kabupaten Tangerang. Kata kunci: Model pembelajaran Predict-Observe-Explain, Berpikir kritis, Sistem pernapasan manusia.
Uncontrolled Keywords: Predict-Observe-Explain learning model, Critical thinking, Human respiratory system. Model pembelajaran Predict-Observe-Explain, Berpikir kritis, Sistem pernapasan manusia.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:16
Last Modified: 08 Nov 2021 10:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4446

Actions (login required)

View Item View Item