Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang)

MARLYNE SEPTI, DESSY (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VIII (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Pengaruh penggunaan model examples non examples dan picture dan picture terhadap hasil kemampuan menulis karangan deskripsi.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK DESSY MARLYNE SEPTI. 2222090501. Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples dan Picture and Picture Terhadap Hasil Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui penggaruh penggunaan model examples non examples dan picture and picture terhadap hasil kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Penelitian ini tidak terlepas dari penggunaanmetode,teknik, dan instrumen penelitian. Metode dan teknik yang digunakan adalah metode eksperimen bersifat kuantitatif, teknik yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan tes kemampuan menulis karangan deskripsi, sedangkan instrumen sebagai petunjuk menulis karangan deskripsi. Sementara itu objek penelitian ini adalah hasil menulis karangan siswa yang dinilai berdasarkan aspek kesesuaian judul dengan gambar, kesesuaian ide atau gagasan dengan gambar, penulisan ejaan dan tanda baca, penggunaan kalimat, dan kerapihan tulisan. Sumber data penelitian ini adalah 56 siswa, dengan rincian kelas VIII A sebanyak 28 jiwa dan kelas VIIIC sebanyak 28 jiwa. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas eksperimen 55,75 dan kelas kontrol 64,28, dengan perbedaan yang dihasilkan adalah 30,46%, sedangkan uji t hitung Ho diterima-4,98. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan tidak terdapat pengaruh dan terdapat perbedaan secara signifikan, berdasarkan hasil observasi perilaku peserta didik, yakni kondisi kelas kurang kondusif dikarenakan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru ketika pelaksanaan perlakuan model pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan model examples non examples dan picture and picture, dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan deskripsi. Kata kunci: model examples non examples, model picture and picture, menulis karangan deskripsi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorEdiwarman, Ediwarman196610052001121001
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Additional Information: ABSTRAK DESSY MARLYNE SEPTI. 2222090501. Pengaruh Penggunaan Model Examples Non Examples dan Picture and Picture Terhadap Hasil Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Kristen Mawar Saron Tangerang). Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Penelitian skripsi ini dilakukan untuk mengetahui penggaruh penggunaan model examples non examples dan picture and picture terhadap hasil kemampuan menulis karangan deskripsi siswa. Penelitian ini tidak terlepas dari penggunaanmetode,teknik, dan instrumen penelitian. Metode dan teknik yang digunakan adalah metode eksperimen bersifat kuantitatif, teknik yang dilakukan adalah wawancara, observasi, dan tes kemampuan menulis karangan deskripsi, sedangkan instrumen sebagai petunjuk menulis karangan deskripsi. Sementara itu objek penelitian ini adalah hasil menulis karangan siswa yang dinilai berdasarkan aspek kesesuaian judul dengan gambar, kesesuaian ide atau gagasan dengan gambar, penulisan ejaan dan tanda baca, penggunaan kalimat, dan kerapihan tulisan. Sumber data penelitian ini adalah 56 siswa, dengan rincian kelas VIII A sebanyak 28 jiwa dan kelas VIIIC sebanyak 28 jiwa. Berdasarkan analisis dan pengolahan data yang dilakukan, diperoleh nilai rata-rata kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas eksperimen 55,75 dan kelas kontrol 64,28, dengan perbedaan yang dihasilkan adalah 30,46%, sedangkan uji t hitung Ho diterima-4,98. Oleh karena itu, penelitian yang dilakukan tidak terdapat pengaruh dan terdapat perbedaan secara signifikan, berdasarkan hasil observasi perilaku peserta didik, yakni kondisi kelas kurang kondusif dikarenakan peserta didik kurang memperhatikan penjelasan guru ketika pelaksanaan perlakuan model pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan model examples non examples dan picture and picture, dapat digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya menulis karangan deskripsi. Kata kunci: model examples non examples, model picture and picture, menulis karangan deskripsi
Uncontrolled Keywords: model examples non examples, model picture and picture, menulis karangan deskripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Nov 2021 10:11
Last Modified: 08 Nov 2021 10:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/4445

Actions (login required)

View Item View Item